Pages

Thursday, 3 March 2016

Gerhana Matahari Total 2016








Assalamualaikum sobat ^_^

Selamat pagi,siang sore dan malam semuanya

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan. . . . Yupzz yaitu tentang tanggal 9 Maret 2016 

Loh ada apa dengan tanggal 9 maret 2016..?? Bukannya sama dengan tanggal-tanggal biasa??

Yaappz mungkin dari sisi tanggal memang sama, namun dari sisi/segi astronomis tanggal 9 maret 2016 tsb menjadi tangggal yang spesial. . . . 

Apa yang spesial di tanggal 9 Maret 2016??? Menurut berbagai sumber informasi, pada tanggal 9 Maret 2016 akan terjadi gerhana matahari total di Indonesia. . . .WOWWW!!!!

Nahh Gerhana Matahari Total ( atau singkatannya GMT ) 2016 ini hanya akan melintasi 11 provinsi, mulai dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara,


Menurut  news detik , berikut daftar jalur beserta waktu/durasi untuk Gerhana Matahari Total  :

1. Palembang


Durasi gerhana total               : 1 menit 52 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 06.20 WIB
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 07.20 WIB
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 08.31 WIB

2. Belitung

Durasi gerhana total               : 2 menit 10 detik.
Mulai gerhana matahari total : Pukul 06.21 WIB
Mulai gerhana matahari total : Pukul 07.22 WIB
Berakhir gerhana matahari    : Pukul 08.35 WIB

3. Bangka

Durasi gerhana total               : 2 menit 8 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 06.20  WIB
Mulai gerhana matahari total :  Pukul 07.21 WIB
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 08.33 WIB


4.Sampit

Durasi gerhana total               : 2 menit 8 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 06.23 WIB
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 07.27 WIB
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 08.44 WIB


5. Palangkaraya

Durasi gerhana total               : 2 menit 29 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 06.23  WIB
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 07.28  WIB
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 08.46 WIB


6. Balikpapan


Durasi gerhana total               : 1 menit 9 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 07.25 WITA
Mulai gerhana matahari total :  Pukul 08.33 WITA
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 09.53 WITA





7. Palu

Durasi gerhana total               : 2 menit 4 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 07.27 WITA
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 08.37 WITA
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 10.00 WITA


8. Poso


Durasi gerhana total               : 2 menit 40 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 07.28  WITA
Mulai gerhana matahari total : Pukul 08.38 WITA
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 10.02 WITA

9. Luwuk


Durasi gerhana total               : 2 menit 50 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 07.30 WITA
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 08.41 WITA
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 10.07 WITA



10. Ternate

Durasi gerhana total               : 1 menit 9 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 08.63 WIT
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 09.51 WIT
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 11.20 WIT


11. Halmahera


Durasi gerhana total               : 1 menit 36 detik.
Mulai gerhana matahari          : Pukul 08.37 WIT
Mulai gerhana matahari total  : Pukul 09.54 WIT
Berakhir gerhana matahari     : Pukul 11.24 WIT


Sementara itu, wilayah yang mendapat Gerhana Matahari Sebagian ini terlihat di Padang (95,43%), Bandung (88,76%), Denpasar (76,53%), Kupang (65,49%), Surabaya (83,08%), Banjarmasin (98%), Manado (96,66%), Jakarta (88,76%), Pontianak (92,96%), Makassar (88,54%), serta Ambon (86,90%), termasuk daerah sekitarnya yang berdekatan.


Nah bagi kalian yang tempat tinggalnya  dilewati oleh Gerhana Matahari Total/Sebagian  ini , berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam hal Gerhana Matahari Total 2016 yaitu sebagai berikut :

1. Ketahui Waktu Terjadinya Gerhana.

Di Indonesia terdiri atas 3 zona waktu yaitu WIB,WITA,dan WIT. nah agar kita bisa melihat gerhana matahari total, kita harus mengetahui kapan waktu gerhana matahari total tersebut.


2. Dilarang Keluar pada saat terjadinya Gerhana tanpa menggunakan kacamata khusus gerhana.

Bagi kalian yang ingin melihat gerhana matahari total namun tidak mempunyai kacamata khusus gerhana sebaiknya disarankan untuk tidak melihat langsung ke luar karena pada saat sebelum atau sesudah matahari tertutup oleh bulan, paparan sinar matahari sangatlah tinggi dan dapat berpotensi merusak mata.


3. Bagi yang ingin tetap bersikukuh untuk melihat gerhana total matahari, lihatlah pada saat matahari benar-benar tertutup oleh bulan/Fase gerhana total.

Pada saat fase gerhana total, maka diperbolehkan untuk melihat gerhana matahari tersebut tanpa bantuan alat.


4. Bagi muslim/muslimah dianjurkan untuk shalat gerhana

bagi muslim/muslimah dianjurkan untuk shalat gerhana pada saat gerhana muncul sampai gerhana tersebut hilang.


5. Untuk Wilayah Gerhana Matahari Sebagian dilarang melihat gerhana dengan mata telanjang


Apakah wilayah anda termasuk kedalam Fase Gerhana Matahari Total, Sebagian atau Tidak Sama Sekali. . . .??

41 comments :

tony ismail said...

di bali ga keliatan yah :( ga bisa liat deh :(

Agus Derma said...

di jawa gak keliatan

M Zulfahri Afiat said...

wah... kalau di Batam kira-kira jam berapa ya gan?

Iqbal Cakep said...

liatnya harus pake kacamata gan..?

smith john said...

mantaaappp tapi harus nunggu gerhana total dulu biar enak liatnya, soalnya gk ada kaca mata khususnya :D
yang butuh custom rom andromax c2

Mohammad nindra zaka said...

di rumah keliatan gak ya

Yetty Servada said...

wah di pulau jawa ga ada, ga bisa liat deh

eri udiyawati said...

yang di belitung, selain bisa lihat gerhana matahari total, juga bisa lihat panorama alam yang indah.. hmmmmm mantap

Wahyu Alarcon said...

Jawa cuman lihat di tv :v

Afdo Ghifariq said...

info yang bermanfaat gan :)

Sandhi Zukhruf said...

wah bermanfaat banget gan

Farda Alan said...

Siip gan , Thanks infonya , sayang sekali di tempat saya gk muncul :v

Cholil Smart said...

wah kayaknya gak total ne di Daerah gua gan, kok gak masuk daftar hehehe

Muhammad 'Keyzee' Anggi said...

Gerhana matahari ga keliatan ya didaerah Jawa...
yahhhh .__.

Rhaka Aditya said...

Peristiwa langka itu gan,,,kebetulan daerah ane gak ada

ananda putra said...

yaaaa gak bisa lihat nih.. dijawa gak ada

Candra Okmida said...

Yah... Kok Bali Gk Kebagian GMT Gan...

Afrizal Habibi said...

Daerah ane kebagian nih.. siap2 ah .. thnks gan infonya

dedy slank mania said...

mantap informasinya lengkap sekali.sayang di daerah saya tdk kebagian

Arsul Ansar said...

yahh jogja gak dapat

Mazkit said...

informasinya sangat bermanfaat sob, tetap update terus ya.. keren

Dakhilul Fash said...

Nice info ;) menambah wawasan

Yoga Newbie said...

terima kasih infonya Mas :),, sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang islam

Redaksi Kanciank said...

Nggak punya kacamata. Sayang sekali ya.

Ilham Septiadi said...

nice info gan

Alap-alap Decoder said...

q menqntikannya//// pasti indah gan gerhana... heheh :D

Infoinspirasi.com said...

Wahhh, Moment langka nihhh harus bisa liaattt :D

wahyu nanang widodo said...

Mksih infonya gan..

Deswita Fitriyani said...

peristiwa langka, harus lihat nih

Purnomo Rudi said...

yah sayang saya di pulau jawa, gk keliatan mungkin

Han sama said...

yah, daerah saya jawa enggak kena matahari total, tapi syukur deh, hehe
salam hangat
Hansama - Free Android and PC Games

Free android APk said...

Thanks for the info gan ^_^

Dary Sub said...

makasih gan atas informasinya

Bahari Yansah said...

Bakalan ada mugen tsukiyomi yak senpai? :v

smith john said...

ini yang ane tunggu gan (y)
Download custom rom andromax c2

Adid putra said...

wah sayang jatim tak bisa lihat

Zidan Irfai said...

Mantap Nih gan sambil duduk Bisa Ya??? hehehehe

Adin Artur said...

di malang gak nongol ya :3

Be On write said...

Jangan sambil lihat cewek gerhananya bisa hilang...hhhh met menikmati peristiwa alam!berdoalah semoga ada kebaikan buat sesama lebih afdol

Gratisarea said...

jateng ga masuk nominasi gan ?

ADSBLOG said...

sayang dijakarta gk nampak

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples