Pages

Wednesday, 4 May 2016

Dosen FKIP UMSU Meninggal Dibunuh Oleh Mahasiswanya Sendiri



Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi, siang dan malam untuk kita semua ^_^

Dunia pendidikan kembali berkabung karena ada suatu kejadian yang sangat pahit yaitu Pada Tanggal 2 Mei 2016 tepatnya hari pendidikan nasional, seorang  mahasiswa UMSU semester VI bernama Roymardo Sah Siregar (19) tega membunuh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan yang bernama Nuraini Lubis berumur 63 tahun. :(

Menurut Sumber yang ada, kejadian tersebut di perbuat oleh tersangka dikarenakan dendam terhadap korban semenjak 1 bulanan yang lalu, di mana korban selalu memarahi si tersangka,

Tersangka mengaku kerap ditegur oleh korban karena tidak membawa buku pada saat belajar di kelas. Korban pun sering menyuruh tersangka ke luar kelas karena mengenakan kaos saat kuliah.
Selain itu, pelaku juga mengatakan korban yang juga mantan Dekan FKIP UMSU pernah mengancam akan memberikan nilai jelek kepadanya. Hal ini dikarenakan Nur'ain Lubis merupakan salah satu dosen atau pembimbing Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tersangka.


Kejadian itu bermula ketika pada tanggal 2 Mei 2016.

  • Menurut cerita tersangka, saat paginya, dia telah membawa pisau bergagang kayu dan merencanakan pembunuhan. Tersangka telah membawa pisau dan juga martil. Setibanya dan pada saat siang, tersangka melihat korban ke kamar mandi gedung FKIP UMSU, lalu tersangka pun menunggu di depan pintu itu. Saat keluar, di situlah tersangka melakukan aksinya dengan menggunakan pisau. Sementara, martilnya tak digunakannya,
  • Sehingga, saat berangkat kuliah sekitar pukul 11.00 WIB, pelaku melihat sebilah pisau yang kerap digunakannya untuk memotong tali di dalam kamarnya.
  • Dia pun mengambilnya dan memasukkannya ke dalam jok motorku dengan maksud memberikan pelajaran kepada korban seusai pulang kuliah Hukum Dagang sekitar pukul 14.00 WIB.
  • Namun, setibanya di kampus, dosen mata kuliah Hukum Dagang tidak hadir. Sehingga, pada pukul 14.15 WIB pelaku keluar dari dalam gedung dan mengambil pisau yang sudah disiapkannya sejak berangkat dari kamar kosnya di Jalan Tuasan, Medan.
  • "Begitu keluar, aku langsung menusukkan pisau itu tepat di lehernya (korban). Tetapi dia melawan makanya aku menusuknya membabi buta," terangnya seraya mengatakan melakukan aksinya secara sadar.
  • Seusai melakukan aksi kejinya, tersangka yang kini masih dalam pemeriksaan polisi itu sadar telah berbuat salah.

Menurut UUD yang berlaku , tersangka akan dijerat Pasal 340 KUHP mengenai pembunuhan berencana sebagai sangkaan primer.  Dengan ancaman hukuman seumur hidup atau paling lama 20 tahun.

Pasal 340 KUHP berbunyi :  'Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama 20 tahun.' 

Setelah kejadian itu , Pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memutuskan untuk meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar selama dua hari.
Kepala Humas UMSU, Ribut Priadi mengatakan keputusan meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar itu sebagai ungkapan berkabungnya seluruh civitas akademika UMSU.
"Kita liburkan seluruh aktivitas perkuliahan. Perkuliahan baru akan dilakukan lagi pada Senin 9 Mei 2016. Sepekan ini kita berkabung untuk berpulangnya Nur,” ujarnya.
Ribut mewakili pihak Rektorat UMSU juga meminta agar polisi mengusut tuntas kasus pembunuhan tersebut. Ia menilai kejadian itu sadis dan sudah sudah mencoreng dunia pendidikan di Indonesia.
"Kita terus memantau kasus ini. Apa lagi dosen menjadi korban kekerasan dengan sadis. Kami serahkan semua ini kepada pihak kepolisian. Kita pun siap membantu kepolisian untuk membongkar kasus ini seterang-terangnya,” pungkasnya.
Semoga amal ibadah dari almarhumah Nuraini Lubis diterima di sisi ALLAH SWT , Dan semoga ini merupakan kejadian pertama dan yang terakhir di dunia pendidikan Indonesia. Amin ^_^

60 comments :

fredo eka saputra said...

waduh sadis banget tu?

white angel said...

Ane juga perna ngalamin menjadi mahasiswa sob, emang si penuh tekanan kalau individu itu sendiri tidak terkontrol bisa akan mengakibatkan tindakan seperti diatas, semoga tidak terulang lagi dipendidikan indonesia

Bintang Algaza said...

wah tragis :3 diDaerah ane ,, senakalnya loe gk bakalan ngelawan Guru

Arsul Ansar said...

gila nih mahasiswa baru umur 19 thn udah membunuh, apa jadinya negeri ini klo penerus bangsanya seperti mahasiwas diatas...

Suherman abdul gani said...

wah parah nih siswanya. semoga tidak ada lagi kejadian semacam itu di negri yang kita cintai ini amin... thanks info nya gan.

Software Gratis said...

sangat sadis, mudah kejadian kayak gini gak terulang lagi :'(

OJAN (Fauzan Putra MW) said...

gini dah kalo dosen terlalu killer...

Kaisar Siringoringo said...

Widih ngeri amat yah tuh mahasiswa, bukannya belajar eh malah bunuh dosennya lagi...

Agung Pratama said...

Tantangannya menjadi mahasiswa harus sabar sama perlakuan dosennya

Aidil Putra said...

tega tuh mahasiswa..

membaca dot id said...

mungkin sang mahasiswa sudah jengkel banget sama si dosen, tapi mau bagaimana lagi kalo sudah gini, ini cuman bisa buat kita sebgai pelajaran :) semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali

Kang Wahyu said...

waduh masih ada aja ya kasus pembunuhan kaya begini

Andika Machmud said...

sadis banget ya, wkwk tega amat itu mahasiswanya

Cholil Smart said...

Kejam sungguh kejam, Bukan balas budi malah membunuhnya.

Irfan Maulana said...

sadis banget tuh orang ~

Muhammad Afifudin said...

Astaga, kok sadis banget sama guru nya sendiri

Alfonsus Wahyusrimurti said...

Mungkin karena skripsi ditolak,Jadi stres wkwkw

Muhammad Anggi said...

aneh aneh saja gan berita jaman sekarang -_-

Tre Mous said...

udah gila karena scripsi mungkin itu muridnya,

Don Soe said...

waaah parah , cuman gara gara skripsi aja

Alvin Yulianto said...

parah yak bulan ini banyak pembunuhan dimana mana :/

Ilmupedia said...

aduh ya allah sadis bgt ya :3
padahal kan bsa di blng plan"

Muhammad Perdi said...

Semoga kejadian kaya gk terjadi lagi :-(

daryl farahi said...

sebete-betenya sama dosen, perilaku mahasiswa tersebut melanggar hak asasi manusia

Adnan Muttaqin said...

anjir serem juga dikit dikit bunuh

Andre Wijaya said...

memang sekarang marak dengan pembunuhan, teman dekat maupun keluarga bisa menjadi musuh

ida sanjaya said...

waw...miris skali y. smpek tega sperti itu membunuh orang.

Irfan Maulana said...

wah , sadis amat :)

Balinks Com said...

Ada ada saja di negri ini. Hanya karena masalah sepele, nyawa jadi taruhan

Anur Al Hadyd said...

Pembunuhan merupakan salah satu tindakan pelanggaran HAM, pelaku tentunya perlu di hukum atas perbuatannya, Semoga kejadian ini tidak terulang kembali

Fajri Idza said...

Ngeri juga tuh,sadis

polimku ku said...

sadiss uyyy kota kelahiran :'(

Yosua Daniel said...

Mahasiswanya kurang sehat kali tuh :v

Blogger Heri said...

Hadeuhh miris sekali membaca artkl ini, kok bisa hl ini terjadi. Pdhl wajar aja dosen sering memarhi ia lah dianya juga yg buat mslh itu... Anh bngt nihhh

Desmon Christian Limbong said...

sadis ini gan , harus ditindak secara adil ini

Afdo Ghifariq said...

njir sadis amat yak... tega banget ngebunuh !!

Muhammad Afifudin said...

Kalo sudah begini, Gk bakalan manfaat ilmunya.
Akhir jaman sudah

Ran said...

Tega banget deh yang ngebunuh itu cuma karena skripsinya ditolak. Ya cari judul lain aja kek... Kalo udah begini gimana? Mendekam di penjara emang enak... Gak jadi manusia yang bebas lagi. Kotor. 1 noda catatan kriminal yang gak bisa diapus sampe kapan pun...

Melinda Grashiella said...

ngeri , jadi takut .. T.T

ahmad solkan said...

Iya gan,, saya juga sempet baca berita ini. Miris banget e

Oliveiro Gerald said...

Miris juga :3

Heri Indra Gunawan said...

Wah ini berita hangat gan, kejam bila mahasiswa sampai membunuh dosennya sendiri, amat disayangkan dan sungguh tidak bermoral.

Undi Gunawan said...

kadang memang dosen ada yang killer dan nyebelin, tapi salah juga mahasiswa nglakuin hal seperti itu. harus ada cemistry antara ke dua belah pihak agar terhindar dr hal tsb. jangan ada lagi yg seperti itu deh

Abduh Sempana said...

Hal begini nih yang membuat masyarkat kurang percaya sama pendidikan, lebih-lebih masyarakat awam...

Ramadani berkah said...

Ntah setan apa yang merasuki anak zaman sekarang,banyak moral dari anak negri ini yang bejat

Ramadani berkah said...

Ntah setan apa yang merasuki anak zaman sekarang,banyak moral dari anak negri ini yang bejat

Michael Aprilleo said...

Waduh sadis amet !!!

Darwin Messakh said...

Kasihan Banget tuh Dosen Semoga Pelakunya Di hukum seberat-beratnya

Ahmad Iqbal said...

Yg terpenting pelaku nya dihukum sesuai dengan perbuatan nya :) dan semoga keluarga korban dapat bersabar

Helmy Kurniawan said...

sadis deh gan makanya klo jadi dosen jangan killer killer hehe klo punya mahasiswa psikopat baru tau rasa

Hasbi Ash Shiddiqy said...

disini kita tidak bisa menyalahkan mahasiswa sepenuhnya. bungkin dia merasa kesal karena terlalu dipersulit oleh dosennya

nanda trio rahardjo said...

tp sebagai manusia kita harus lebih sabar agar kejadian seperti di atas tidak terulang

Dimas Khusnudin said...

waduh sadis itu coy :v

Budi Baraluka said...

kejam banget yah -_-

wildan icardi said...

sadis

Aulia Ahmad said...

mahasiswa sekarang kebanyakan sudah gak punya moral, miris liatnya.

Gho Far said...

itu baru namanya mahasiswa teladan hahahah

SOK KUL CHANNELS said...

waduh ...BY HUS SEI KUL

m. chusnul chakim said...

mahasiswanya sadis banget euh.. :V

Nurul Fauziah said...

Saya turut berduka cita atas kasus pembunuhan dosen tersebut.
Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
Silahkan kunjungi Berita Terkini Universitas Gunadarma

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples