Pages

Sunday, 1 May 2016

Perilaku - Perilaku Produktif yang Dilakukan Oleh Mahasiswa/i


Assalamualaikum Wr.wb

Selamat pagi, siang dan malam untuk kita semua. . .  ^_^

Setiap manusia tentunya memiliki waktu dalam sehari sama, yaitu 24 jam. Dengan waktu tersebut masing-masing orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda, ada yang sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang dan ada pula yang tidak terlalu sibuk.

Waktu luang adalah waktu dimana kita mempunyai kebebasan untuk berbuat kebebasan yang tidak punya tekanan apapun baik tugas maupun pekerjaan yang kita miliki. 

Dalam 24 jam sehari aktivitas apa yang dikerjakan? Selain makan, tidur, bekerja dan kuliah bagi mahasiswa/i. Waktu untuk tidur (beristirahat) kurang lebih 7 jam, waktu untuk bekerja (kuliah bagi mahasiswa/i) dalam sehari berada di kampus kurang lebih 5-6 jam mengikuti kuliah dan  Tentunya masih banyak waktu luang yang ada. Menurut Benjamin Franklin” apakah anda mencintai hidup? kalau begitu jangan menyia-nyiakan waktu”. Tuhan memberikan waktu tertentu pada setiap manusia untuk hidup di dunia.

Pemanfaatn waktu luang juga sangat berpengaruh pada keberhasilan atau prestasi mahasiwa, karena didalamnya terdapat beberapa factor yang sangat berpengaruh, selain itu juga teori motivasi sangaat berperan untuk mahasiswa/i agar dapat menggunakan atau memanfaatkan waktu luang mereka, karena dorongan dalam diri juag sangat berperan untuk memanfaatakan waktu serta mengetahu bagaimana mengatur waktu. Ada beberapa kegiatan yang dapat di lakukan para mahasiswa/i untuk mingisi waktu luang mereka dan kegiatan ini juga biasa di lakukan kebanyakan mahasiswa/i berprestasi.

Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa/i dalam memanfaatkan waktu luangnya, yaitu sebagai berikut :

Yang Ke – 1 yaitu Pergi Ke Perpustakaan
Pertama yaitu mengisi waktu luang pergi keperpustakaan. Sebagai mahasiswa/i, perpustakaan adalah tempat nongkrong bagi mereka. Nongkrong dalam artian belajar maupun hanya sekedar membaca-baca buku. Dari pada waktu luang yang digunakan untuk hal–hal yang kurang berguna alangkah baiknya waktu luang itu di pergunakan untuk ke perpustakaan. Sebagai contoh ketika hendak menunggu jam perkuliahan selanjutnya dari pada hanya nongkrong-nongkrong dikantin ataupun bersenda gurau dengan teman lebih baik dipergunakan untuk keperpustakaan.

Dengan membaca, banyak manfaat yang akan di dapat. Seseorang dapat menerima informasi, memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kecerdasan. Membaca dapat membuka pemikiran  untuk lebih berfikir kritis, dinamis dan sistematis. Hanya dengan melihat dan memahami isi yang tertulis di dalam buku pengetahuan maupun pelajaran, membaca bisa menjadi kegiatan sederhana yang membutuhkan modal sedikit, tapi menuai begitu banyak keuntungan.  Seseorang akan dikatakan berkualitas apabila ia mempunyai wawasan luas dan mendalam serta tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang yang digelutinya.

Seorang mahasiswa/i yang ingin mencapai sukses dalam studinya harus mempunyai strategi khusus dalam memanfaatkan waktu untuk belajar semaksimal mungkin. Melihat realita yang ada, ketika berada dikampus banyak mahasiswa/i yang lebih suka memanfaatkan waktu luangnya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Mereka datang kekampus ketika ada tugas yang diberikan dosen saja, ini menunjukkan bahwa semangat belajar mahasiswa/i masih rendah.


Yang Ke – 2 yaitu Dengan Ikut Dalam Organisasi Kampus
Kedua, waktu luang dapat diisi dengan ikut dalam organisasi baik intra maupun ekstra kampus.  Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 803) organisasi adalah kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Pada dasarnya ada 3 ciri khusus dari suatu organisasi, yaitu: adanya kelompok manusia, kerjasama yang harmonis, dan kerjasama tersebut berdasar atas hak, kewajiban serta tanggung jawab masing-masing rang untuk mencapai tujuan (Djati Julitriarsa, 1998: 41). Organisasi sebagai wadah untuk para mahasiswa/i mengekspresikan aspirasi mereka . Organisasi sangat penting ada di dalam setiap perguruan tinggi karena dengan adanya organisasi di setiap  perguruan tinggi akan banyak menampung kreatifitas mahasiswa/inya, Sehingga setiap aspirasi dan kreatifitas setiap mahasiswa/i tidak ada yang terbuang sia-sia.
Tentu tidak hanya ikut-ikutan saja akan tetapi juga ikut berperan aktif didalamnya agar kita mendapatkan ilmu didalam berorganisasi. Mahasisiwa yang ikut dalam berorganisasi mereka terlihat mencolok ketika berada dikampus, baik dari segi intelektualnya maupun sosialnya. Seperti halnya disaat diskusi, mahasiswa/i yang ikut berorganisasi mereka sangat terlihat aktif dan antusias dalam berdikusi sebab mereka sudah terbiasa melakuakanya. Namun ketika sudah masuk dalam organisasi baik dari intra maupun ekstra kampus janganlah terlalu aktif didalamnya, banyak kasus dari mahasiswa/i yang sangat aktif berorganisasi mereka lupa dengan kuliah. Hal tersebut sangat disayangkan, harusnya antara kuliah dan berorganisasi  seimbang, jangan sampai berorganisasi lebih diprioritaskan. Yang harus di prioritaskan adalah kuliah dan berorganisasi adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang.



Yang Ke – 3 yaitu Mengisi Waktu Luang Dengan Berolahraga
Selain kegiatan diatas, mahasiswa/i dapat menggunakan waktu luangnya untuk berolahraga. berolahraga merupakan sebuah hobi dan kegiatan yang menyenangkan. Waktu luang yang dapat digunakan adalah ketika pagi hari dan sore hari. olahraga yang dapat dilakukan misalanya kita dapat joging, pergi ketempat GYM, bermain futsal bagi, berenang dan olahraga lainya yang disukai.
Dengan berolahraga kita akan menjadi lebih bugar dan sehat, selain itu beolahraga juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk melepas kepenatan dan beban fikiran akibat dari banyaknya tugas Sehingga fikiran dan tubuh kita akan lebih frees dan rileks. Olagraga juga sebagai obat strees, Jangan sampai kita sebagai mahasiswa/i strees dengan kegiatan diperkuliahan dan tugas-tugas menumpuk yang diberikan dosen. Olahraga merupakan salah satu penunjang bagian dari dapat terselenggarakanya proses pendidikan. Pendidikan jasmani atau kegiatan berolahraga merupakan bagian integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai tujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani, mental, sosial, serta emosional bagi masyarakat dengan wahana aktivitas jasmani (sukintaka, 2004: 16). Jika keadaan fisik lemah dan kurang sehat tentunya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikampus akan kurang efektif dan maksimal alhasil kita akan ijin dan akan tertinggal materi kuliahnya. banyak manfaat yang kita dapat dari berolahraga, maka dari itu senanglah berolahraga dan melakukanya dengan rutin.

Yang Ke – 4 yaitu Mengisi Waktu Luang dengan Liburan
 Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa penat, rasa capek dan strees. Sebagaimana pendapat Gorge (1992: 28) “Waktu luang sebagai relaksasi, hiburan, dan pengembangan diri. Dengan dalam mencari kebahagiaan, berhubungan dengan tugas baru, kebijakan baru, dan kebudayaan baru”. Rekreasi sebagai hiburan bagi diri, maka sesekali kita perlu untuk melakukan rekreasi baik itu sendiri, dengan keluarga ataupun dengan teman-teman dikampus. Rekreasi bisa dilakukan pada waktu libur kuliah entah itu sebulan sekali atau setiap libur semester dan tidak ke tempat yang jauh-jauh keluar negeri misalnya, Cukup ke tempat-tempat terdekat yang dapat digunakan untuk refresing.
Misalnya pergi ke pantai, kerumah saudara atau teman, berkunjung ke tempat wisata dan tempat-tempat lainya yang dianggap menyenangkan. Mungkin cukup sekian yang dapat saya (penulis) berikan. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi kita. Terutama bagi diri saya sendiri. 

Yang Ke – 5 yaitu Membaca buku
Mahasiswa/i enggak suka baca? Nggak banget deh. Setelah seminggu penuh berkutat dengan diktat dan berbagai macam tugas kuliah, kamu perlu membua beberapa buku yang menarik untuk membuka wawasanmu. Jangan mengaku mahasiswa/i gaul, aktivis, tapi baca buku aja nggak pernah. Manfaatin deh waktu luangmu untuk membaca buku selain buku kuliah. Siapa tahu ide-ide segar bisa muncul dalam otakmu setelah baca buku!

Yang Ke – 6 yaitu Mulai Menekuni Hobi
Oke, daripada kamu bengong nggak jelas coba mulai menentukan satu kegiatan yang paling kamu sukai. Apakah itu olahraga, main musik, menulis, gambar, traveling, fotografi, wisata kuliner atau main internet? Jadikan itu sebagai hobimu, setiap ada waktu luang gunakan untuk menjalani hobi tersebut. Jangan remehkan soal hobi ini, karena banyak lho mahasiswa/i yang sukses berawal dari hobinya.

Yang Ke – 7 yaitu Melatih Skill
Baiklah, sebagai seorang mahasiswa/i ada satu hal yang harus kamu sadari lebih awal. Kemampuanmu di bidang akademik memang penting. Tapi, yang tak kalah penting dan dibutuhkan kelak ketika kamu sudah terjun di dunia kerja adalah skill alias keterampilan! Nah, keterampilan itu bisa kamu kuasai dengan cara melakukannya secara terus menerus dan belajar ilmunya. Latih skill-mu pada bidang yang kamu sukai. Misalnya desain, fotografi, menulis, membuat software, memasak, apapun itu manfaatkan waktu luangmu untuk mengasah keterampilanmu. Ada yang bilang, butuh 10.000 jam untuk membuatmu menjadi ahli. Coba deh!

Yang Ke – 8 yaitu Lakukan Kerja Sampingan
Kamu yang memang nggak bisa diam, bisa mulai menjajal untuk melakukan kerja sampingan di sela-sela jadwal kuliahmu. Bukan berarti kamu melalaikan tugas utamamu sebagai mahasiswa/i. Tentu saja kuliah tetap nomor satu, kerja sampingan juga nomer satu. Lho, maksudnya gimana ya? Begini, meski kerja sampingan tapi juga harus serius. Intinya, daripada waktumu terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat cobalah mencari kerja sampingan yang bisa kamu jadikan sumber pendapatanmu. Malu dong, kalau tiap bulan nunggu jatah dari orangtua melulu?

Nah, kalau tidak bisa menjalani kerja sampingan, gimana dong?


Yang Ke – 9 yaitu Cari Peluang Bisnis dan Jalankan!
Ini dia. Kerja sampingan di bawah orang lain, mungkin butuh waktu khusus yang tidak bisa kamu tentukan sendiri. Kamu bisa mulai mencari peluang bisnis yang lebih fleksibel untuk kamu jalankan.

Waduh, nggak ada modal nih, nggak punya bakat bisnis, kenalanku cuma dikit! Gimana dong?

Udah deh, jangan alasan melulu. Jadilah mahasiswa/i kost yang kreatif. Manfaatkan peluang yang ada di depanmu. Kalau gak punya modal, manfaatkan produk orang lain, ajak joinan teman sekamar, bahkan kamu bisa mulai cari-
cari peluang bisnis di internet. Banyak kok yang menawarkan bisnis modal katalog dan dropship yang layak kamu coba. Paling gampang, jalankan bisnis yang sesuai dengan passionmu. Kalau kamu mahasiswa/i hobinya futsal, coba jual kaos, baselayer atau sepatu buat futsal. Kalau kamu mahasiswi yang berjilbab, pasti punya dong temen-temen yang bisa kamu jualin jilbab juga. Think creative guys!



Yang Ke – 10 yaitu Ikut Kegiatan Kampus dan Cari Teman Baru
Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan di kampus. Kamu bisa bertemu dengan teman-teman yang punya minat yang sama denganmu, ikut berbagai kegiatan yang bermanfaat, belajar bekerja dalam tim, dan bertukar pikiran. Jangan habiskan waktumu untuk bergalau-galau ria di sosmed, carilah kegiatan positif di dunia nyata untuk memanfaatkan waktu luangmu. Memiliki teman-teman seperjuangan sangat penting bagi mahasiswa/i kost. Kamu bisa saling bantu dan nggak bingung saat butuh bantuan orang lain. Jadi mahasiswa/i sendirian, memangnya enak?
Carilah teman-teman baru untuk memperluas relasimu.


Yang Ke – 11 yaitu Ikuti Seminar
Yups, setiap pekan pasti ada saja seminar yang diadakan di kampusmu. Cari info di papan pengumuman tentang seminar-seminar yang bermanfaat. Seminar bisa membuka pikiranmu tentang hal-hal yang tidak kamu dapatkan saat di dalam kelas. Sebisa mungkin ikutilah seminar yang GRATIS (biasanya mahsiswa kost paling suka yang gratis-gratis, kan?). Kalaupun berbayar dan ini pilihan terakhir mungkin kamu perlu menginvestasikan beberapa rupiahmu untuk mengikuti seminar yang berkualitas. Lihat ilmunya, dan manfaat yang bisa kamu dapatkan setelahnya.

Yang Ke – 12 yaitu Dengan Melakukan Rekreasi

Lupakan sejenak semua kepentan dan kerumitan pekerjaan maupun tugas-tugas Anda. Carilah hiburan seperti piknik ke pegunungan, pantai atau yang dapat menghibur diri Anda. Asalkan semua itu tidak mengarah ke hal-hal yang berbau maksiat.


Yang Ke – 13 yaitu Bersosialisasi
Perbanyaklah bergaul dengan lingkungan sekitar Anda tinggal, kumpul-kumpul dengan sesama warga se-RT. Pergunakan waktu luang Anda dengan menjalin komunikasi dengan tentangga, melalui sarana olahraga, arisan atau kerja bakti.

Yang Ke – 14 yaitu Berkumpul Dengan Keluarga
Ciptakan kemesraan dengan keluarga, saat yang tepat untuk mengenal lebih dekat karakter anggota-anggota keluarga sendiri, keluarga jauh dan sanak famili adalah dengan berkumpul-kumpul. Paling tidak waktu yang selama ini tersita untuk urusan karir bisa terbayarkan. Meskipun tidak seberapa. Dengan demikian, Anda tidak menjadi orang asing di antara anggota keluara sendiri.


Yang Ke – 15 yaitu Merapikan Tempat Tinggal
Mengecat dinding rumah atau kamar, membersihkan tempat kos, membersihkan halaman dan sebagainya bisa menciptakan kenyaman dalam kehidupan Anda.


Yang Ke – 16 yaitu Membenahi Kehidupan Religius
Jika sebagian besar waktu Anda digunakan untuk urusan duniawi, waktu luang sebaiknya digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena ini merupakan tujuan kita diciptakan. Banyak sekali cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya, seperti menunaikan amalan sunnah sehari semalam, membaca Al-Qur'an, berziarah ke kuburan, dan yang lainnya, asalkan semua ibadah tersebut ada contohnya dari Al-Qur'an dan Hadist Nabi yang shohih. Ketenangan jiwa akan Anda dapatkan dan ini merupakan kekuatan yang tiada tandingannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan hidup.


Nah berikut ada beberapa hal yang kita dapat lakukan untuk mengisi waktu luang ^_^

Kita sebagai manusia harus bisa memanfaatkan waktu luang dengan sebaik - baiknya, karena dalam pepatah arab mengatakan : " Waktu ibaratkan mata pedang, sekiranya kamu tidak memotongnya, niscaya ia akan memotong kamu "

Semoga bermanfaat ya ^_^



Dikutip dari beberapa sumber








34 comments :

Bintang Ardely said...

Kebanyakan sih ane jadi wacana itu wkwk

Rayhan Hidayat said...

Ane kevanyakannya sih di sekolahan gan, GA ADA waktu ke perpystakaan :D

Yosua Daniel said...

kalau saya jadi mahasiswa, ya paling lebih milih ngumpul bareng teman aja :D

CCOCOT NDASMU said...

Kalo ane kuliah , g mau jauh jauh dari keluarga dah biar awet duit wkwkw

Ruki Hermawan said...

pengennya ke perpustakaan habis kelar kuliah cuma sohib ngajak kongkow terus hihihii

Catatan_sofyan said...

bener skali tuh kang.
mantap dah

Shafitri Ariyanti said...

benar banget tu artikelnya, stuju

Wahab Saputra said...

Yakin dah kalau sudah ngelakuin semua hal diatas gak cuma ngebuat prilaku kita positif juga bikin nambah banyak teman....

Sukurin said...

wah ternyata jadi mahasiswa enak juga yah, hemm

helmy_kkediri kurniawan said...

saya kalau keperpustakaan paling nyari tempat AC biar ga gerah hehe , males repot jadi jarang ikut organisasi

Rifaldy Saputra said...

artikel yg bermanfaat
nice info gan..

Suherman abdul gani said...

wah, gan kalo ane mah banyak ke kantin dari pada ke perpustakaan hehe :v

Adrian Al Rizqy said...

kantin tempat favorit:v kadang suka cabut ke kantin alo ga ada guru alias jam kosong:V

nanda trio rahardjo said...

nice info gan, sangat bermanfaat
tapi untuk melakukan smuanya pasti melelahkan..

Misbachul jr. said...

nice info gan..tapi ane kalo ke perpustakaan cuma liat cewe gua aja hehehe

Bill Khayri Anta Siregar said...

Thanks Infonya Gan

Andika Machmud said...

Sebagai siswa tampan, info ini sangat berguna sekali :v

Komunitas Takaq said...

Thx infonya

Gubuk Swara said...

keren gan

Gubuk Swara said...

visit gan http://inspiratif-masa-kini.blogspot.com/2016/05/ini-ritual-seks-paling-sadis-di-dunia.html

Nurhamzah Izzul Haq said...

mantag infonya

Bintang Algaza said...

Wah Makasih Infonya...
jadi Nambah Wawasan

Ridhuwan 354 said...

Tips nya bisa di praktekin nie
Good job braw

Kuat Belajar said...

satu lagi yang paling penting... yaitu ngeblog gan.. investasi waktu dari hobby yang paling seru :D

Muhammad Hasbi said...

Simple tapi mantap bgt blognya gan .. Comment done (y)

Rifaldy Saputra said...

nice share gan (y)

Chaerul Anwar said...

Weehhehe ikutin ah :3
Thanks sob

Alfonsus Wahyusrimurti said...

Di jaman yang semakin modern ini yang ngga aktif dan kreatif pasti akan tersingkir yaa. Nice article gan

Rifaldy Saputra said...

makasih infonya gan :)

Monz Brz said...

waaah berguna banget nih info, kebetulan ane sebagai mahasiswa

Muhammad Syabani Falif said...

hmm jadi tidak ingin kuliah :v

Adrians Sikumbang said...

Untung Ane udah Sarjana Gan...

noval ikbar said...

wah ane masih calon mahasiswa nih hehe :D

Spirit of Dhuha said...

Setuju banget sama agan, banyak banget mahasiswa yang membuang waktunya selama kuliah. Nanti pas udah lulus baru nyesel.

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples