Tuesday, 1 March 2016

Sistematika & Tata Cara Penulisan Makalah




Assalamualaikum wr. wb

Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam serta salam sejahtera untuk kita semua ^_^

|Makalah| Bicara tentang makalah,, tentu teman-teman pasti sering membuat makalah bukan??
mulai dari tingkat SMP sampai dengan SMA bahkan Perguruan Tinggi sekalipun kita membuat makalah.

Tapi tahukah kalian membuat makalah tersebut ada sistematikanya??
Mungkin sewaktu SMP ataupun SMA kita membuat makalah tanpa memperhatikan sistematikanya. Namun ketika kita di Perguruan Tinggi, makalah harus di tulis/di ketik sesuai dengan sistematikanya..

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahu kan sistematika dalam pembuatan makalah ^_^

Tapi sebelum itu saya akan memberitahukan pengertian dari makalah :

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas satu permasalahan tertentu sebagai hasil kajian pustaka ataupun kajian lapangan.  
Makalah disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas tertentu (tugas akademik maupun tugas nonakademik).
Makalah ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.
Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.

Nah disini saya akan memberikan informasi tentang Sistematika Makalah serta Tata Cara Penulisan Makalah....

OK Tanpa Basa Basi lagi langsung saja ini dia cekidoottt!!!


Sistematika:

  • BAB I :  PENDAHULUAN (Bobot: 20%), berisikan Latar Belakang, Pengertian, dan Ruang Lingkup.
  • BAB II :  PERMASALAHAN (Bobot: 5%)
  • BAB III :  PEMBAHASAN (Bobot: 60%)
  • BAB IV   :  SIMPULAN DAN SARAN (Bobot: 10%), berbentuk pointers saja. Simpulan harus ada, Saran boleh ada/boleh tidak ada.
  • BAB V :  PENUTUP (Bobot: 5%), berisikan kata kunci. 


Tata Cara Penulisan:

  • Ukuran kertas :  Folio (sekitar 10 halaman)
  • Spasi  :  ganda (2 spasi)
  • Margin  :  kiri (4 cm), atas (3 cm, bawah (3 cm), kanan (2 cm)
  • Huruf  :  Arial , ataupun Times New Roman dengan ukuran huruf 12
  • Babnya selalu menyambung terus (bukan setiap judul bab baru dengan halaman baru).  

Nah Berikut Tata Cara serta Sistematika Penulisan Makalah untuk Tingkat siswa , mahasiswa , dan lain-lain ^_^

Semoga bermanfaat ya. . . 

23 komentar

ijin bookmark gan, penting ini. biar gak asal"an kalo buat makalah :D

wah ribet juga nulis makalah yaa wkwk ane biasanya langsung buat aja, lumayan nih dapet artikel tentang makalah

Gk sering sering net ini . Kalo ak dah bisa ^_^

gue bookmart dulu gan ..mana tau gue butuh ini ^_^

Wah.... bisa buat contoh kalau tugas nih :) thanks gan

untuk bekel kuliah ngurusin skripsi pake ginian nih
visit juga yg suka editing sukarender.blogspot.com

bagus nih artikel buat tugas bikin makalah bahasa indo ijin bookmark gan

ane biasa kerja makala tapi asal buat ajah tanpa ngikutin sistematika yang benar...
mungkin cara ini akan sangat membantu saya ke depannya...
nice info gan...

Wah, Keren saya jadi tau bagaimana caranya Menulis makalah dengan benar, saya cari cari . ketemu juga
Salam Mas Semut

gua dulu pelajaran biografi di suruh beginian :v salah gara" sepasi aja :v

jadi inget masa masa sekolah deh gue :3 yare yareee

Terima Kasih infonya Mas,, saya akan membuat makalah lebih baik :)

Ane udah lulus gan, jadi udah gak ada tugas makalah kaya gini

itu kenapa ya kok setiap sisi kiri kertas selalu dikasih jarak yang panjang daripada sisi kiri?

Jadi nambah ilmu buat ngerjain tugas nih, makasih gan

bentar lagi bakal bikin makalah. selalu makalah. mahasiswa :'(

Makasih mas bermanfaat kali nie :D

:D bookmark dulu kalau disuruh buat makalah , info yang bermanfaat gan

saya sering buat makalah untuk tugas sangat membantu gan :D

Wah makalah emang bikin pusing gan,tp ternyata sistematika makalahnya ga ribet ternyata hihi,btw request jg buat proposal ya gan :D

Kl denger kata makalah jd keinget pas kuliah dlu, hampir tiap minggu ada aja tugas suruh bikin makalah ckckk


EmoticonEmoticon