Pages

Thursday, 28 April 2016

Bangunan Beton Yang Layak dan Tidak Layak


https://lh3.googleusercontent.com/pSSVnVTHP0L3btZ15SeaMrI_jdg0lm5a4Nb5hZZhN0pTGoMTvgJWGEK_jHHuJklr1O0=w300 

 Assalamualaikum Wr. WB

Selamat Pagi , siang , dan malam semuanya :)

Apa kabar nih teman - teman?? Tentunya pada sehat kan??

Ohh ya pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ilmu saya bagaimana sih cara mengecek Beton yang Layak dan dan yang Tidak Layak.. Yappz hal ini penting agar kelak bangunan rumah yang kita bangun sesuai dengan standart yang berlaku :)

Okk langsung saja ini dia penjelasannya CEKIIDOTT!!!



 

Bangunan Beton yang Tidak Layak




Foto bangunan beton di atas merupakan bagian atap dari salah satu ruangan di kos saya yang berada di jalan Dr. Sofyan No 96 Komplek USU, Medan. Kos ini terdiri dari dua lantai, ruangan yang memiliki atap seperti gambar di atas berada di lantai bawah (lantai 1), dimana atap ruangan tersebut menjadi teras kamar kos saya yang berada di lantai atas (lantai 2).

Dilihat dari foto di atas, jelas bahwa bangunan beton tersebut termasuk pada kategori tidak layak. Mengapa? Ada beberapa faktor yang menjadi syarat kelayakan suatu bangunan beton, yaitu:

Faktor Kekuatan
Salah satu syarat kelayakan bangunan beton yaitu kuat. Dari foto di atas, dapat dilihat bahwa bangunan beton tersebut memiliki kekuatan yang rendah karena keadaannya yang sudah keropos dan retak. Kemungkinan besar, faktor yang menjadi penyebab beton tersebut retak dan keropos yaitu tidak tepat dan seimbangnya bahan-bahan campuran pada pembuatan beton. Kebanyakan pekerja bangunan yang tidak berlatarbelakangkan sipil, tidak memikirkan keseimbangan bahan-bahan campuran beton yang akan dibuat. Padahal bahan-bahan campuran tersebut sangat mempengaruhi kekuatan beton. Retak dan keroposnya beton tersebut kemungkinan disebabkan oleh kurangnya air dan semen yang menyebabkan agregat tidak bisa tercampur dan tidak merekat dengan sempurna, tidak seimbangnya antara agregat kasar dan agregat halus, adukan tidak tercampur rata, dan pemadatan yang kurang sempurna. Selain itu, kemungkinan lain yang menyebabkan retak dan keroposnya beton tersebut adalah terjadi segregasi karena campuran yang terlalu kental akibat kekurangan air,dan  tidak seimbangnya bahan campuran lainnya, serta faktor lain yang menyebabkan segregasi seperti terlalu tinggi jatuhnya saat pengecoran. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan beton yang keropos. Beton yang mengalami segregasi akan mengurangi kekuatannya. Keroposnya beton ersebut kemungkinan juga dapat terjadi akibat struktur yang tidak kuat, dimana struktur yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya.
Bangunan beton yang menjadi teras tersebut, merupakan teras terbuka yang tidak mempunyai atap sehingga tidak ada penghalang antara beton dengan pengaruh luar, seperti cuaca. Oleh karena keadaan beton yang termasuk tidak layak, dimana terdapat retak yang tidak hanya pada bagian dalam ruangan namun juga pada bagian luar, sehingga ketika hujan turun, air akan mengenai beton, yang kemudian mengalir melalui celah retak menuju bagian dalam beton, kemudian air akan mengenai tulangan, yang lama kelamaan menyebabkan tulangan berkarat dan terlepas dari beton. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi kekuatan beton.


Faktor Keindahan
Dilihat dari faktor keindahan, jelas bahwa bangunan beton yang tidak layak hanya mempunyai keindahan sementara. Keindahan bangunan beton yang tidak layak hanya terlihat pada saat bangunan beton tersebut masih dalam keadaan baik/bagus. Lama kelamaan, akan muncul kerusakan-kerusakan yang menunjukkan bahwa beton tersebut tidak layak seperti retak, keropos, dan lainnya.


Faktor Biaya/ Ekonomis
Para kontraktor biasanya menginginkan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan dan menghasilkan suatu konstruksi yang layak namun dengan biaya yang sedikit (ekonomis). Dalam kasus bangunan beton di atas kemungkinan keinginan tersebut tidak tercapai, dimana dengan biaya yang sedikit (ekonomis) malah menghasilkan konstruksi yang tidak layak.


Bangunan Beton yang Layak



Foto di atas merupakan contoh bangunan beton yang termasuk kategori layak. Kolom tersebut terdapat pada Pendopo Tata Niaga Politektik Negeri Medan yang berada diantara Gedung Serba Guna dan Musholah.
Kelayakan suatu bangunan beton dapat dilihat dari beberapa syarat, yaitu:

Kekuatan
Bangunan beton yang layak harus lah kuat. Kekuatan tersebut ditentukan oleh kesesuaian perbandingan antara bahan-bahan campuran beton serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kekuatan suatu bangunan beton. Kolom tersebut termasuk dalam kategori layak karena keadaannya yang baik, tidak retak maupun keropos. Yang berarti kolom tersebut memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban yang ditopangnya. Baiknya perencanaan kolom tersebut merupakan kemungkinan yang membuat kolom tersebut kuat.


Keindahan
Selain kekuatan, bagunan beton yang layak juga harus memenuhi syarat keindahan. Apabila suatu bangunan beton termasuk kategori layak, tentulah bangunan tersebut akan memiliki keindahan. Apalagi dipadukan dengan seni arsitektur yang indah, misalnya pewarnaan, bentuk, dan lainnya. Seperti foto di atas yang keindahannya dapat terlihat dengan pewarnaannya yang sesuai dengan warna utama Politeknik Negeri Medan.

Ekonomis
Suatu bangunan beton yang layak tidak harus mahal. Asalkan bangunan beton yang dibuat sesuai dengan perencanaan. Baik dari bahan-bahan campuran, proses pengerjaan, dan faktor lain yang mempengaruhi kelayakan bangunan beton tersebut.




Udah tau kan gimana perbedaannya?? ^_^

Semoga bermanfaat ya ^_^








47 comments :

Don Soe said...

iyalah, kalo biaya pembetonan diminimalisir efeknya juga minimalnya kualitas beton itu sendiri

Jufrika Blog said...

Terus cara memperbaiki beton yang tidak layaj bagaimana? haruskah di bongkar ulang?

Candra Okmida said...

bermanfaat gan.... jadi tambah pengalaman setelah baca artikel ini. Thanks gan

Fadhil Zikri said...

mantap gan, ilmu ini sangat bermanfaat untuk saya, terima kasih ya gan atas infonya

Lingga Novandra said...

Mantap infonya gan, nambah wawasan.

Muhammad Anggi said...

makasih banyak yaa gan sudah sharing :D

helmy_kkediri kurniawan said...

wiew ngeri tuh kalau sampai kost agan rubuh hehe , makasih baccan yang menambah wawasan

Kumpulan Game PPSSPP Untuk Android Terbaru said...

sharing yang bermanfaat

Doni Mulyadi said...

info yang sangat berguna gan :)

Sam Sugeng said...

miris juga lihat yang nggak layak

Suherman abdul gani said...

info yang sangat berguna.. jadi nambah wawasan saya. thanks ya gan

Helmy Kurniawan said...

ga banyak memperhatikan sih tapi memang kebanyakan bangunan baru sekarang pada rubuh mungkin komposisi penyangganya ya yang kurang baik . .baca an yang menarik tq

Catatan_sofyan said...

bangunan di tempat perumahan kami ada yg ciri" sperti di atas kang. kira" msh layak g y kang? ada jg yg sudah retak gt.

Sparepart Laptop Malang said...

saya mau bangun rumah , terimakasih atas informasinya..

AN-NAHL GRINTING, BREBES said...

maksudnya teknik bekerja pegawai negeri gitu sob?

Eko Sutrisno said...

Wah biasa buat referensi nieh thx gan

Eko Sutrisno said...

Ouh jadi gitu yg layak thx yah gan infonya

Ahmad Laturangga said...

ente lulusan sipil ya gan ?

Dora Imoul said...

Masih agak bingung nih gan. . . Hehe :-)

Shafitri Ariyanti said...

benar banget, beton rumahku bagus banget. cocok deh

Balinks Com said...

Wah bisa jadi wawasan nih untuk membuat beton agar layak pakai

Rafsan Arya said...

kalo ga layak bisa parah ceritanya nanti..

Bima Sena said...

Bangunan beton kontrakan saya gak layak berarti

Hendra Madjid said...

tapi gan. sulit menemukan pekerja bangunan (tukang) yang memiliki latar belakang sipil. Hehe.

Mungkin dikoreksi aja ya maksud ane, yang dimaksud pekerja bangunan itu apa. Apaka kontraktornya, atau tukangnya

A z Abidin said...

saya kurang tau tentang ini tapi sangat membantu sob nice info

Adib Fauza said...

Thank's Gan Infonya. Lumayan Ilmu Buat nanti Bikin Rumah. :D

Adrian Al Rizqy said...

Ane masih penasaran, beton dibuatnya dari apaan gan?:v
Btw nais inpoh

Adrian Al Rizqy said...

Ane masih penasaran, beton dibuatnya dari apaan gan?:v
Btw nais inpoh

Irham Amin said...

Mantap gan thanks infonya

Hadi Surahman said...

Thanks infonya gan, yah meskipun saya bukan anak teknik sipil

Artifha Farhani said...

wah gan infonya bermanfaat banget :D jadi pengen masuk tehnik sipil

m. chusnul chakim said...

wah saya jadi tau gan, makasih gan bagus banget informasinya

fredo eka saputra said...

terimakasih artikel nya sangat membantu saya

Dieka ardika said...

pelajaran ane di teknik sipil :D

Yosua Daniel said...

terima kasih gan buat informasinya, sangat bermanfaat

Syahrul Safarila said...

Jika tidak layak akibatnya gimana gan, apa dipanggil pemerintau atau gimana ?

Admin said...

nice info gan

SimBale - Download Software Gratis said...

wah jadi memang bener2 teliti kalo milih beton nanti bisa2 malah jadi petaka

Ilmupedia said...

walaah bagus nih , bsa di terapin gan

Aku Pengen Sehat said...

Makasih informasinya,sekarang baru tahu tentang beton

Komunitas Takaq said...

kayaknya diindonesia banyak bangunan beton yang tidak layak :v

Muhammad Harrafi Mulki said...

terimakasih ya gan atas informasi yang sudah diberikan, suskes selalu..
pembesar penis medan
obat kuat medan

Ahmad Suhada said...

komposisi pasir dan semen yang tidak seimbang bisa membuat bangunan tersebut bertahan lama atau hanya beberapa tahun, kebanyakan kalau kosan mah dindingnya udah pada mengelupas, hehe

Sharing dan Inspirasi said...

wah, saya baru tau perbandigannya gan

Toni Saptoni said...

mantap salam www.duniaacara.com

polimku ku said...

Sip gan mantap info nya

DESENDRA ADIVIAN said...

penjelasannya keren gan,,makasih,,mampir http://boomedu.blogspot.co.id/

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples