Pages

Friday, 29 July 2016

[BACA] Hal Yang Harus Kamu Ketahui Seputar Like, Komen, dan Share di Media Sosial

http://www.fahmialbaheth.com/wp-content/uploads/2012/07/facebook.jpeg 
 Assalamualaikum Wr. wb

Selamat pagi,siang dan malam untuk kita semua ^_^

 
Apa kabar nih teman-teman sekalian?? Tentu pada baik-baik aja kan???
Oh ya Akhir-akhir ini, ane sering sekali melihat postingan di media sosial, terutama di facebook tentang seperti dibawah ini :
 

 
"Pilih mana ? Pilih 1 dapat surga. Pilih 2 dapat neraka."
 
Kemudian ada postingan seperti ini :
 
"Ayo dukung gadis malang ini untuk mendapatkan bantuan dari presiden RI dengan cara SHARE. Semoga yang SHARE diberi kemudahan dalam segala apapun di dunia dan akherat."
 
dan ada pula kata-kata dibawah ini :
 
"Semoga bayi ini diberi kemudahan dalam menjalankan operasinya. Sisakan waktu Anda untuk klik LIKE dan komentar AMIN untuk mendukung bayi malang ini."
 
"klik 9 di kolom komentar dan lihat apa yang terjadi pada gambar diatas"
 
 
Nah apakah terpikir dalam teman-teman untuk apakah mereka melakukan sesuatu hal seperti diatas?? Sekedar sensasi atau ada tujuan lain??
 
Nah pada kesempatan kali ini ane ingin memberikan pendapat ane tentang masalah diatas yang ane kutip dari beberapa sumber :
 
 

 

Kita semua pasti pernah melihat postingan seperti di bawah ini.

- Gambar orang cacat;
- Gambar orang sakit;
- Gambar orang meninggal;
- Gambar orang kecelaka'an;
- Gambar orang kesusahan, dsb.

Tahukah anda,bahwa semua itu adalah sebuah bisnis kotor?

Contoh statusnya seperti ini :

* Klik like *
Jika anda setuju dengan status ini.

* Klik like *
Dan jawab salam ku jika anda benar benar muslim.

* Klik like *
Jika ingin do'a anda terkabul naik haji.

* Klik like *
Lalu ketik angka 8, dan lihat apa yang terjadi pada gambar ini.

* Klik like *
Dan Aamiin kan nenek ini supaya nenek ini dipermudahkan Rezkinya.

* Klik like *
Jika anda ingin ibu anda masuk Syuga.

Dan perlu anda ketahui bahwa komentar anda tidak penting, yang penting adalah 'LIKE' anda, nanti semua komentar anda akan dihapus kecuali "LIKE" karena 100.000 LIKE bisa dijual USD.150. (Rp.2 juta) ada yang menghargai sampai USD.200. per 100 ribu LIKE tergantung seberapa cepat LIKE itu bisa diperoleh.
 
Nantinya setelah dibeli pihak tertentu, isi status diubah yang sebelumnya adalah gambar/tulisan/simbol keagamaan atau foto sedih, akan segera diganti dengan produk iklan.

Maka seolah iklan itu sudah mendapat ratusan ribu 'LIKE'. Sebuah status yang mendapat lebih dari 500.000 LIKE bisa dijual mahal untuk kepentingan yang lebih besar lagi.

Misalnya kepentingan survey, dan politik (kampanye) dan segala macam manipulasi bukti seolah hasil dari polling.

 



Dan ada juga yang berpendapat seperti ini :

 

Begitu telah mengumpulkan banyak “like”, halaman itu kemudian dijual untuk mendapatkan uang kepada para pelaku bisnis agar mereka agar terlihat populer. Sebuah blog yang diposkan oleh Daylan Pearce, ahli mesin pencari di Next Digital di Melbourne, menjelaskan bagaimana cara kerja penipuan (scam) dan menunjukkan bagaimana halaman-halaman tersebut dijual. Unggahan gambar yang berisi deskripsi seperti “Klik ‘like’ jika Anda bisa melihat harimau”, atau “Berikan komentar dan lihatlah apa yang akan terjadi” digunakan untuk mengumpulkan “like” dan komentar untuk sejumlah halaman.

Begitu halamannya telah mengumpulkan ribuan “like” dan komentar, maka halaman itu akan memiliki posisi tertinggi dalam News Feed para pengguna Facebook. “Like” bagaikan mata uang bagi situs tersebut. Pearce mengungkapkan bahwa halaman dengan 100.000 “like” dapat dijual seharga $200 (sekitar Rp2 juta).

Pearce menjelaskan dalam blognya, semakin banyak “like” dan “share” dan komentar yang didapat, semakin terbuka pula peluang mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek dan panjang. Begitu sebuah halaman sudah mendapatkan 700 ribu “like” (dengan cara menipu), maka halaman itu akan dijual ke orang lain yang ingin populer dalam waktu cepat. Informasi halaman pun diubah — bukan lagi soal kanker, binatang dsb tetapi mengenai bisnis.
David Em, peniliti jaringan keamanan senior di Kaspersky Lab berkata, “Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter mengalami peningkatan target kejahatan dunia maya.”
“Alasan utamanya adalah kepercayaan yang dirasakan oleh orang-orang saat berhubungan dengan para sahabat mereka secara online. Orang-orang lebih senang mengklik sebuah link yang dibagikan teman, dan rasa kepercayaan itulah yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan di dunia maya.”

 

Berikut sistem kerja Like, Komen and Share di media sosial :

 http://s.kaskus.id/images/2015/01/07/1750262_20150107111649.jpg http://3.bp.blogspot.com/-7m23RrJealY/VlId-8DCygI/AAAAAAAAFy4/Pao7EgODFr8/s640/benarkah%2Bada%2Bmodus%2Bcari%2Buntung%2Bdibalik%2Bkatakan%2Bamin%2Bdan%2Blike%2Bdi%2Bfacebook%2B2.jpg

Nah kalau menurut ane sih yang kayak gitu memang gak melanggar hukum sih menurut ane, tapi ya masa mencari sebuah keuntungan diatas penderitaan seseorang
dan menrut ane sendiri tuh apakah bisa kita meminta kepada tuhan dengna cara buat status di media sosial??
Alangkah lebih baiknya kita  bisa membuat hal-hal yg lebih kreatif untuk dapat banyak like maupun share.
Dan bukankah lebih baik jika ingin mendoakan langsung berdoa kepada Tuhan, bukan dengan like atau katakan amin di FACEBOOK. ^_^ 


Semoga uraian ini bisa menambah wawasan untuk kita semua ^_^ . 
Dan bagi yang iigin memberikan pendapat seputar hal ini monggo ditunggu komentarnya :D
Postingan ini tidak bermaksud untuk menyakiti ataupun melukai hati siapapun, namun ini hanya pandangan saya aja ^_^
Thanks.
 
 
 
 

61 comments :

M SUBHAN HERMANTO said...

Sangat Bermanfa'at

Ahmad Zinedine said...

iya juga ya. wkwkw :v aneh-aneh aja orang sekarang

Moch. Dolamin said...

Thanks gan infonya... Skrg bnyk phising soalnya

Muhammad Dek Sa said...

Terima kasih atas informasi nya sekarang saya gak like foto di facebook lagi yang penipuan tu

Ryndra Putra said...

nice info gan :v

AnimeIndoFix said...

makasih gan infonya sanggat bermanfaat

Arif Yulianto said...

Makasi gan . Si mark jadi makin kaya :v

Yosua Daniel said...

bener banget gan, kita telah dibodohi

Abda Zuljiva said...

Wah kalo gitu enggak like dah postingan orang-orang kayak gitu, Nice artikel ya gan

Afrızal Habıbı said...

Intinya sih ya jangan jadi pihak ke 3 yang menguntungkan si pemberi informasi palsu aja ya gan :D

Rahmat Iqbal said...

Makasih Infonya gan, jadi nambah wawasan saya tentang Media sosial, Nice Artikel

Muha Mmad Imad Uddin said...

artikel bagus nih, gan.
ane juga pernah nemu yang kayak gitu, tapi pas dicheck isinya iklan-iklan produk

Zahir Alfatih said...

mantap gan..fitur2 medsos yg kece..

Dika Tekno said...

wah wah ternyata ada maksud terselubung yah gan, udah bertahun tahun gunain fb baru tahu yang kek ginian, Thanks infonya gan

baskoro said...

sangat bermanfaat gan

Khalil Muza said...

Nice info gan, sangat bermanfaat :)

Tito Putra Pamungkas said...

nice info

baskoro said...

klik like kalau saya ganteng. hahahahah

Dofla MC said...

nice gan, kereenn

angga febri said...

nice artikel

M SUBHAN HERMANTO said...

Nice artikel

jul hammy said...

Mantabb artikelnya gan

Irvan Jaya said...

Mantap nih baru tau like bisa dijual

Fathan Firdaus said...

iya banyak phising sama spam jaman sekarang

Jecky Li said...

Iya gan,, ane setuju..
Sekarang udah banyak yang phising gitu.. ya moga moga aja yang kayak gitu bisa bertobat lah..
N nice post mas.. ane dapat info lebih nih.. mantap!!!

david adrianto said...

Baru tau like bisa di jual, thanks info nya gan bisa bermanfaat buat orangbanyak :)

Irwan Rinaldi Purba said...

mantap infonya gan. thx :)

Gamerz INDO said...

sangat bermanfaat

Rizal Alam said...

Oh gitu toh,, makasih gan artikel nya sangat bermanfaat

hajim said...

tnks infonya gan baru tau ane hehe

Ai Rizain said...

yang boneng gan? wah jadi tertarik buat bikin postingan yg di Like Ribuan haha

sulasih saja said...

mantap nice artikel

Jimi Mandara said...

Nice info gan

Adhi Thopads said...

Bagus infonya,...

Akmal Shldn said...

iya bener juga.. makanya kadang ane suka males sama yang gitu2an ketauan banget modusnya
nice info btw

Mimin Kodingweb said...

Baru tau, nice share gan

Send Broadcast said...

nice gan, kujungi balik gan : sendbroadcast.blogspot.com

Jordi Kambey said...

baru tau nih. makasih infonya :D

Lebah Kecil said...

Baru tau ane gan, thanks

Karisma Ardi said...

bener gan memang parah orang nyari uang jaman sekarang

Wijaya said...

Sangat bermanfaat sekali gan kunjungan saya kali ini ke blog Anda, makasih banyak ya? :)

Firman Maulana said...

Wah baru tau saya. Thanks udah share.

Adrian Al Rizqy said...

Bener banget, meningan sih di abaikan aja-_

Yolen eza15 said...

terimakasih infonya min. baru mengetahui bahwa itu hanya modus saja.

Mbah Busi said...

infonya mantap gan

Deni Riswana said...

Keren gan...

herbet azarya sitinjak said...

makasi infonya gan,sangat bermanfaat

Jhon Yahya said...

Saya soh klo ada postingan status pengemis like saya abaikan aja

Deni Riswana said...

MAKASIH INFONYA GAN

Renz Maulana said...

Saya udah lama buat akun fb tapi baru kali ini liat info kek gini :v ilmu baru nih makasih gan.

Alex Ya Alex said...

whaha ane sering liat kya gitu gan , orang nya pake akun palsu doang , dan tujuan dia , klau udah bnyak yg add + like + share , ntar juga di jualan lalu tag semua yg add dia -_-" . modus jaman nenek moyang itu

Abdul Malik Oktario Gufandri said...

Makasih infonya

Blogger smart said...

wah , bermanfaat gan . ditunggu info selanjutnya

seagate dimas said...

nice artikel gan, thanks

Ahmad Prayogi said...

Mantap bro ijin share yaaa

Dayat Lopedia said...

wah jadi nambah wawasan nih

Egi Erdian said...

nice info kang

Dwi Galeh said...

Kudu bijak lah dalam bersosial media :D

Bang Tax said...

ya gua sering banget tuh liat postingan" ngemis like gitu -_- risih gw liatnya

ike merdekawaty said...

iya mas bro teman-teman kita di Blogger Indonesia juga ada yang nerapin kayak gini, ada juga yang berusaha membuat artikel viral dengan mengundang perpecahan

Aris Munandar said...

Emang kaya gitu gan ane juga bingung kloa ada post jika kalian ingin masuk surga klik Like wtf

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples