PILIH SALAH SATU Atau Lebih JAWABAN UNTUK SETIAP KALIMAT YANG PALING MEWAKILI CARA ANDA BEREAKSI DALAM SITUASI TERSEBUT :
1. Apa yang paling anda ingat ?
a. perkataan, suara, makna (A)
b. orang, lingkungan, wajah (V)
c. kejadian, peristiwa, emosi (K)
2. Jika akan menghadapi ulangan, kamu mudah hafal jika:
a. Menghafal materi ulangan sambil mengucapkannya keras-keras. (A)
b. Berjalan bolak-balik sambil menghafal. (K)
c. Membolak-balik buku membaca materi ulangan. (V)
4. Apa yang lebih anda sukai ?
a. lukisan (V)
b. musik (A)
c. menari/ olah raga (K)
4. Saat berbicara, kamu:
a. Berbicara dengan cepat (V)
b. Berbicara dengan kecepatan sedang (A)
c. Berbicara dengan kecepatan lambat (K)
5. Di waktu luang, kamu biasanya:
a. Mendengarkan radio, mengobrol (A)
b. Berjalan-jalan, olah raga, hiking (K)
c. Menonton televisi, membaca, mengisi TTS (V)
6. Kalau kamu marah, biasanya paling terlihat dari:
a. Ekspresi wajah. (V)
b. Intonasi suara.(A)
c. Gerak tubuh.(K)
7. Biasanya pada saat kamu tidak ada kegiatan:
a. Gelisah tak bisa duduk tenang. (K)
b. Bebicara dengan diri sendiri. (A)
c. Melamun, menatap ke angkasa. (V)
8. Pilih kegiatan yang kamu merasa nyaman melakukannya:
a. Menulis (V)
b. Menari (K)
c. Berolahraga (K)
d. Menggambar (V)
e. Membuat kerajinan tangan (K)
f. Berdebat (A)
g. Bercerita (A)
h. Mendesain (V)
i. Bermain Musik (A)
9. Kata-kata khas kamu saat berbicara:
a. "Lihat baik-baik…" (V)
b. "Dengarkan baik-baik…" (A)
c. "Rasakan baik-baik…" (K)
10. Mana yang paling sering terjadi saat di sekolah:
a. Saat guru menerangkan, tangan kamu tidak bisa diam, memain-mainkan ballpoint. (K)
b. Kamu mendengarkan saja waktu guru menerangkan. (A)
c. Kamu memperhatikan wajah guru saat beliau berbicara/menerangkan. (V)
11. Ketika akan tidur, apa yang terpenting buat anda ?
a. kamar yang gelap/samar/terang (V)
b. kamar yang tenang tidak berisik (A)
c. tempat tidur yang nyaman (K)
12. Apakah yang bisa membuat anda terganggu ?
a. benda-benda di sekitar anda (V)
b. gerakan (K)
c. suara (A)
Untuk no 1-10, hitung jumlah K, A dan V yang kamu dapatkan.
Jumlahkan
semua A, K dan V yang kamu dapat, lalu bandingkan. Nilai terbesar
menunjukkan kecenderunganmu pada modalitas tersebut. Apabila nilaimu
merata, berarti kamu telah menggunakan ketiga cara pencerap informasi
secara seimbang.
NO : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Jumlah
Visual : B C B A C A A A,D,H A C A A
Auditory : C A C B A B B F,G,I B B B C
Kinestetik : A B A C B C C B,C,E C A C B
Visual
Learners
Sering
membuat catatan yang detail banget
Cenderung
duduk di depan
Biasanya
berpenampilan rapi dan bersih
Sering
menutup mata untuk mengingat sesuatu
Mencari
sesuatu untuk ditonton jika bosan
Tertarik
membaca sesuatu yang kaya dengan bahasa-bahasa kiasan
Mementingkan penampilan, dalam hal pakaian ataupun penampilan keseluruhan
Tidak Akan Pernah Merasa Terganggu Jika Terdengar Suara Sekeras Apapun
Auditory
Learners
Suka
duduk di tempat strategis supaya mereka dapat mendengar tapi tidak
mesti harus memperhatikan apa yang sedang terjadi di depan
Suka
bersenandung atau berbicara dengan diri mereka sendiri atau orang
lain ketika merasa bosan
Belajar
menghafal dengan cara diucapkan
Suka
dengan laporan lisan, nggak suka yang tertulis
Pintar
menjelaskan sesuatu
Gampang
belajar bahasa asing
Bagus dalam berbicara dan bercerita
Sering Merasa Terganggu Jika Terdengar Suara Sekeras Apapun
Kinestethic
Learners
Kalau
bicara cenderung menggunakan gerakan tangan
Ingat
apa yang dilakukan tapi lupa apa yang dikatakan atau dilihat
Suka
mengutak-atik sesuatu kalau merasa bosan
Suka
duduk dekat pintu sehingga mereka gampang keluar dan jalan-jalan
Tidak
betah di kelas yang kurang aktivitasnya
Berkomunikasi
dengan sentuhan dan suka dipuji dengan cara ditepuk punggung
Belajar melalui praktek
- JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR VISUAL
- Gunakan sketsa, grafik, diagram dari apa yang sedang anda pelajari
- Ketika membaca teks, gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
- Pejamkan mata, buat bayangan, gunakan imaginasi dari subyek yang sedang anda pelajari
- JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR AUDITORI
- Gunakan suara keras ketika membaca, buat suara anda bervariasI untuk memperkuat ingatan
- Gunakan kaset untuk merekam ceramah guru atau suara anda sendiri ketika membaca, dan anda dapat memutar kembali ketika belajar
- Belajarlah bersama teman / berdiskusi, ini merupakan cara yang baik untuk memanfaatkan kekuatan auditori anda
- Pada
akhir pembelajaran atau diskusi kelas / kelompok, catatlah kata-kata
kunci tentang materi yang dipelajari. Ini akan merangsang diskusi
internal tentang apa yang terjadi selama diskusi.
- JIKA ANDA SEORANG PEMBELAJAR KINESTESIS
- Peragakan apa yang sedang anda pelajari
- Gunakan spidol warna untuk menandai informasi penting / baru
- Tandai setiap akhir paragrap yang telah anda baca dan pahami
- Jika mungkin, berjalan-jalanlah sewaktu membaca atau mendengarkan
- Buatlah peta belajar dari materi yang sedang anda pelajari
SEMAKIN BANYAK INDERA YANG ANDA LIBATKAN,
SEMAKIN KUAT KESAN YANG ANDA PEROLEH
SEMAKIN BANYAK CARA ANDA DAPAT MENJAJAKI
SUBYEK PEMBELAJARAN ANDA,
SEMAKIN BANYAK INFORMASI YANG ANDA PEROLEH
JANGAN BERGANTUNG PADA SATU INDRA UTAMA YANG ANDA SUKAI,
TETAPI COBALAH
MENAMBAHKAN UNSUR-UNSUR LAIN UNTUK MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MULTISENSORI