Pages

Saturday, 7 March 2015

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Assalamualaikum  wr.wb
Selamat Sore teman-teman blogger :)
 Pada Sore hari ini Cyber Empires akan mengshare tentang seputar Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)
yang saya dapatkan dari https://www.stis.ac.id/
Ok langsung saja ini dia infonya cekidot!!!

Informasi Umum

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistika.
STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (SST).
Tahun Akademik 2015/2016, STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu Jalur Ikatan Dinas dan Jalur Tugas Belajar.
  • Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA. Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, setelah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama mengikuti pendidikan di STIS, dan setelah lulus, wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  • Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.
Selain dari informasi di atas, lihat secara berkala halaman Pengumuman Penting Lainnya untuk pengumuman tambahan yang tidak atau belum tercantum pada informasi di atas.
Untuk memulai pendaftaran, kunjungi Aplikasi SPMB STIS.


Cara Pendaftaran

Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:
  1. Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS
    Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai tanggal 2 Maret 2015). Anda akan menerima pesan melalui email petunjuk pengisian formulir pendaftaran.
  2. Mengisi formulir pendaftaran
    Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
  3. Anda menerima Nomor Pendaftaran
    Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
  4. Membayar biaya seleksi
    Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di bawah ini.
  5. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM)
    Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS. Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi menggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi. Jika anda tidak melakukan aktivasi dengan token, akan teraktivasi otomatis selambat-lambatkanya H+2 setelah pembayaran. Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM. KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi.
Selain hal yang tertulis pada panduan sini, anda harus memperhatikan seluruh informasi yang tertulis pada ketentuan masing-masing jalur seleksi, dan ketentuan yang tertulis pada pengumuman hasil seleksi.

Cara Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Pastikan anda hanya membayar di salah satu bank saja. Pembayaran melalui BRI dapat dilakukan langsung setelah pendaftaran online. Sedangkan pembayaran melalui Mandiri baru dapat dilakukan keesokan harinya (H+1) jika melakukan pendaftaran online sebelum jam 15.00 WIB, dan lusa (H+2) jika melakukan pendaftaran online setelah jam 15.00 WIB.

DIKARENAKAN ADANYA MASALAH TEKNIS,
PEMBAYARAN MELALUI BANK MANDIRI BELUM DAPAT DILAKUKAN.
UNTUK SEMENTARA, SILAKAN MELAKUKAN PEMBAYARAN MELALUI BANK BRI.

Prosedur Pembayaran dengan Bank BRI:

Melalui Teller
  • Temui langsung Teller dan minta dilakukan transaksi pembayaran SPMB STIS.
  • Sebutkan Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran.
Melalui ATM
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Pendidikan
  • Masukkan kode STIS (014) bersama 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 014123456789). Kode STIS bisa dilihat pada menu ATM.
  • Pilih Yes/Ya

Prosedur Pembayaran dengan Bank Mandiri:

Melalui Teller
  • Temui langsung Teller dan minta dilakukan transaksi pembayaran SPMB STIS. Kode biller STIS yaitu 10087.
  • Sebutkan Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran.
  • Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.
Melalui ATM
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Pendidikan
  • Masukkan kode biller STIS, yaitu 10087. Kode STIS bisa dilihat pada menu ATM.
  • Masukkan 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 123456789).
  • Pilih Yes/Ya
  • Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.
Melalui Internet Banking Mandiri
  • Pilih Menu Bayar
  • Pilih Menu Pendidikan
  • Pilih Penyedia Jasa: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
  • Masukkan 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 123456789).
  • Pilih Kirim
  • Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran yang tercetak Token untuk aktivasi pendaftaran.


Jadwal Penting


TanggalKegiatanKeterangan
2 Maret s.d. 24 April 2015 Pendaftaran on-line (Jalur Ikatan Dinas) On-line di Website STIS
2 Maret s.d. 17 April 2015 Pendaftaran on-line (Jalur Tugas Belajar Non BPS)
9 Mei 2015
Ujian Tahap I
Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
Lokasi pilihan di 33 provinsi
23 Mei 2015 Pengumuman hasil ujian tahap I On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
25 s.d. 27 Mei 2015 Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap II On-line di Website STIS
30 Mei 2015 Ujian tahap II (Psikotes) Lokasi pilihan di 33 provinsi
27 Juni 2015 Pengumuman hasil ujian tahap II On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
27 s.d. 30 Juli 2015 Ujian tahap III (wawancara dan tes kesehatan) Ditentukan Kampus STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
8 Agustus 2015 Pengumuman hasil ujian tahap III On-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
10 s.d 13 Agustus 2015 Pemberkasan Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
1 s.d. 3 September 2015 Daftar ulang Kampus STIS

Catatan

  1. Pendaftaran dilakukan secara on-line di website STIS di https://www.stis.ac.id.
  2. Untuk Jalur Tugas Belajar, pendaftaran paling lambat tanggal 17 April 2015. Berkas pendaftaran dikirimkan ke Kampus STIS paling lambat sudah harus diterima tanggal 22 April 2015.
  3. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Persyaratan dan prosedur pendaftaran bisa dilihat pada halaman "Ketentuan PMB STIS TA 2015/2016". Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran.
  4. Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Penentuan/perubahan lokasi ujian hanya bisa dilakukan pada waktu pendaftaran on-line berlangsung.
  5. Untuk Jalur Ikatan Dinas, bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
    1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman yang berisi data pribadi dan nilai).
    2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2015 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) asli atau yang telah dilegalisir.
  6. Jadwal wawancara ditentukan oleh penyelenggara ujian setempat.
  7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Jalur Umum Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Jalur Umum Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.

Selamat datang di SPMB STIS

Jika anda telah melakukan pendaftaran dan ingin mengubah data pendaftaran anda, atau anda telah melakukan pembayaran dan ingin mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM), silakan login melalui halaman Login.
Jika anda ingin melakukan pendaftaran, berikut adalah yang perlu anda siapkan.
  1. Anda harus membaca dan memahami baik-baik, ketentuan yang ada pada informasi yang ada di Penerimaan Mahasiswa Baru STIS TA 2015/2016. Jika belum, silakan anda baca terlebih dahulu.
  2. Anda harus memiliki alamat email untuk masing-masing peserta. Alamat email harus dalam keadaan aktif dan anda dapat membukanya, karena seluruh informasi akan diberikan melalui email.
  3. Anda harus menyiapkan data identitas anda, nilai rapor sesuai ketentuan yang ada pada informasi di atas, dan pasfoto digital dengan ketentuan sebagai berikut (Lihat contoh):
    • Pasfoto harus formal, seperti untuk rapor, ijazah, paspor, atau tanda pengenal yang lain.
    • Pasfoto harus hitam putih atau berwarna dengan latar belakang warna merah atau biru.
    • Pasfoto dapat dicetak dengan ukuran 3.5 x 4.5 centimeter.
    • File harus dalam format JPEG yang berekstensi jpg atau jpeg, dengan ukuran file maksimal 120 Kilobytes.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kami sarankan anda menggunakan internet browser yang mendukung, seperti Internet Explorer minimal versi 7, Firefox minimal versi 3.6, Safari minimal versi 4, Chrome minimal versi 6, Opera minimal versi 10.60.
  5. Jika anda telah menyiapkan semua itu, silakan anda klik link di bawah ini untuk memulai pendaftaran.





Bagi yang ingin mendownload brosurnya klik di sini

34 comments :

postingan-keren. com said...

keren om saya dulu mau daftar tp banyak sainganya jadi banting setir di TI wkwkwk.

Tito Mismanto said...

mantab gan :D

Teuku Ahmad Andika said...

@postingan-keren. com wkwkwk

Teuku Ahmad Andika said...

@Tito Mismanto makasih gan :D

muhammad fadhilah said...

nice gan ! mantap !

Farhan Maulana Hakim said...

Nice Sharing

inda diaras said...

Info yang sangat menarik

Teuku Ahmad Andika said...

@muhammad fadhilah

makasih gan :)

Teuku Ahmad Andika said...

@Farhan Maulana Hakim thanks gan :)

Teuku Ahmad Andika said...

@inda diaras makasih gan :D

kaito kid said...

makasih gan infonya :3
jadi tau, ane juga kelas 3 bisa buat pertimbangan juga STIS :v

amarulloh hasbi said...

muantap gan makasih ya

Nicko Ardhana said...

wuiiihhh.............
Nice Info gaann :)
comen balik ^_^
www.ardhananetwork.com

Teuku Ahmad Andika said...

@kaito kid sama2 gan :)

Teuku Ahmad Andika said...

@amarulloh hasbi ok gan sama-sama

Teuku Ahmad Andika said...

@Nicko Ardhana ok gan

Juli Herniyansah said...

wih manteb infonya gan jangan lupa visit http://juliherniyansahofficial.blogspot.com

Sulaidi Hasibuan said...

nice info gan

Regian Fajar Ariesandi said...

nice info :)

Summon Agus said...

fokus kerjanya nnti dimana ya gan.. nice infonya..

Ghalib Rirl said...

bisa krja dmna nntinya??

Teuku Ahmad Andika said...

@Juli Herniyansah ok gan

Teuku Ahmad Andika said...

@Sulaidi Hasibuan makasih gan

Teuku Ahmad Andika said...

@Regian Fajar Ariesandi makasih gan :)

Teuku Ahmad Andika said...

@Summon Agus thanks gan sama2 :)

untuk Jalur Ikatan Dinas
Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, setelah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.


untuk Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS.

Teuku Ahmad Andika said...

@Ghalib Rirl

untuk Jalur Ikatan Dinas
Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, setelah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.


untuk Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS.

I Zi said...

Info yg bermanfaat sob !

TM Johan said...

nice info.... Mansion Community

Teuku Ahmad Andika said...

@I Zi makasih sob

Teuku Ahmad Andika said...

@TM Johan ok gan makasih

Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM said...

Bagus juga memang jurusan ini berpotensi kerja di perusahaan negeri, makasih mas, ^.^

Fahmi Rizaldi said...

Kalau ktpum udah ane download dan ane printkan tapi faktur/bukti pembayaran itu hilang gimana kak?

Fahmi Rizaldi said...

Apa pada saat pendaftaran ulang harus serta melampirkan faktur? Ktpum ada, hanya faktur saja yang hilang

appu said...

RRB NTPC Result 2016
SSC CGL 2016 Result
Happy New Year 2017 Wishes
IBPS PO Result 2016
GCSE Results 2016
SBI PO Result 2016
NEET 2016 Result
New Year 2017 Wallpaper
Good Morning Quotes
Merry Christmas wishes Christmas wishes RRB NTPC Result 2016
SSC CGL 2016 Result
Happy New Year 2017 Wishes
IBPS PO Result 2016
GCSE Results 2016
SBI PO Result 2016
NEET 2016 Result
New Year 2017 Wallpaper
Good Morning Quotes
Merry Christmas wishes Christmas wishes

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples