Wednesday 5 December 2018

Cara Unggah Artikel yang ditullis Microsoft Word ke Blog dengan Mudah


Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi , siang , dan malam untuk kita semuanya

Jumpa lagi dengan blog Cyber Empires, semoga kawan - kawan tetap setia berkunjung di blog ane :D 

Bagi kamu seorang blogger,  menulis merupakan kegiatan yang rutin dilakukan apalagi jika kamu merupakan seseorang yang baru merintis dalam dunia blog. Kegiatan menulis dilakukan agar blog yang dimiliki dapat di kenal oleh semua orang. 
Ada banyak cara untuk menulis, salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Aplikasi ini merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang digunakan dalam menulis suatu artikel yang akan di posting ke blog. Memiliki tampilan yang menarik serta fitur - fitur yang lebih lengkap sehingga membuat penulis dapat menulis dengan nyaman . Ditambah lagi dengan kebiasaan para penulis yang lebih senang menulis ketika ada waktu senggang sehingga membuat Microsoft Word semakin banyak diminati.

Namun dibalik kelebihan - kelebihan yang dimiliki terdapat beberapa kekurangan yang dimilik oleh Microsoft Word, salah satu diantaranya yakni pada saat melakukan proses pemindahan tulisan dari Microsoft Word ke Blog. Perlu di ingat bahwasanya Format penulisan blog berbeda dengan format penulisan Microsoft Word. Jika melakukan proses pemindahan tulisan dari Microsoft Word ke Blog tanpa adanya bantuan dari aplikasi lain maka kemungkinan besar tampilan naskah akan menjadi tidak sesuai dengan yang di inginkan.

Bagi kamu yang sudah terbiasa untuk menulis artikel di Microsoft Word, kamu tidak perlu khawatir karena Cyber Empires punya Cara Unggah Artikel yang ditullis Microsoft Word ke Blog dengan Mudah.

Cara I : Menggunakan Notepad

  1. Buka artikel yang telah kamu ketik di Microsoft Word 
  2. Buka Notepad ( Kamu bisa menggunakan perintah windows + R kemudian ketik " Notepad " ) 
  3. Lakukan proses pemindahan tulisan pada Microsoft Word dengan cara Blok semua tulisan yang ada di Microsoft Word kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  4. Buka kembali Notepad kemudian klik kanan pada Notepad dan klik paste untuk menempel artikel yang sudah di salin dari Microsoft Word ke Notepad. Blok artikel yang ada di Notepad kemudian copy artikel  untuk menyalin tulisan tersebut


  5. Buka Blogger, Klik Entri Baru ( New Post ) untuk membuat postingan baru dan tempel ( paste ) artikel yang sudah di salin ( copy ) kedalam halaman entri blog dengan mode halaman entri yaitu mode Compose.
  6. Pada bagian mode Compose, atur kembali fromat artikel seperti ketebalan huruf, Posisi teks dll.
  7. Klik Publish untuk menampilkan artikel ke publik


Cara II : Menggunakan Menu Remove Formatting

  1. Buka artikel yang telah kamu ketik di Microsoft Word
  2. Blok semua tulisan yang ada di Microsoft Word kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  3. Buka Blogger, Klik Entri Baru ( New Post ) untuk membuat postingan baru dan tempel ( paste ) artikel yang sudah di salin ( copy ) kedalam halaman entri blog dengan mode halaman entri yaitu mode Compose.


  4. Blok semua tulisan yang ada kemudian klik menu Remove Formatting di ujung kanan atas


  5. Klik Publish untuk menampilkan artikel ke publik

Menu Remove Formatting merupakan salah satu menu yang ada pada halaman entri blog yang fungsinya untuk menghapus semua jenis format tulisan yang terdapat pada tulisan blog baik dari segi font size, font style, bold, italic , underline. strikethrough dll semua nya akan di hapus dan di kembalikan pada format awal halaman entri blog.


Cara III : Menggunakan Penambahan Kode

  1. Buka artikel yang telah kamu ketik di Microsoft Word
  2. Lakukan beberapa penambahan pada artikel yakni dengan menambahkan kode  di setiap awal paragraf


  3. Lakukan proses pemindahan tulisan pada Microsoft Word dengan cara Blok semua tulisan yang ada di Microsoft Word kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  4. Buka Blogger, Klik Entri Baru ( New Post ) untuk membuat postingan baru dan paste artikel yang sudah di salin ( copy ) kedalam halaman entri blog dengan mode halaman entri yaitu mode HTML. 
  5. Pada bagian mode Compose, atur kembali fromat artikel seperti ketebalan huruf, Posisi teks dll.
  6. Klik Publish untuk menampilkan artikel ke publik


Cara IV : Menggunakan Microsoft Excel

  1. Buka artikel yang telah kamu ketik di Microsoft Word
  2. Blok semua tulisan yang ada di Microsoft Word kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  3. Buka Microsoft Excel, kemudian tempel ( paste ) dengan cara menekan CTRL + V pada salah satu sel yang ada pada Microsoft Excel


  4. Klik sel yang berada di sebelah kanan artikel, tambahkan kode
    atau




  5. Klik kembali sel yang telah di tambahkan kode 
    , arahkan kursor mouse pada sisi kanan bawah sel sehingga muncul tanda +. Klik dan tekan tanda tersebut sembari menarik mouse ke bawah sampai akhir teks.
  6. Blok sel yang berisi artikel dan sel yang berisi kode , kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  7. Buka Blogger, Klik Entri Baru ( New Post ) untuk membuat postingan baru dan paste artikel yang sudah di salin ( copy ) kedalam halaman entri blog dengan mode halaman entri yaitu mode HTML.
  8. Pada bagian mode Compose, atur kembali fromat artikel seperti ketebalan huruf, Posisi teks dll.
  9. Klik Publish untuk menampilkan artikel ke publik


Cara V : Menggunakan Bantuan Website

  1. Buka artikel yang telah kamu ketik di Microsoft Word
  2. Blok semua tulisan yang ada di Microsoft Word kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  3. Buka https://wordhtml.com/ , kemudian tempel ( paste ) artikel pada kolom Word Editor


  4. Pada bagian HTML, blok semua tulisan yang ada kemudian klik kanan pada layar dan klik copy untuk menyalin tulisan.
  5. Buka Blogger, Klik Entri Baru ( New Post ) untuk membuat postingan baru dan paste artikel yang sudah di salin ( copy ) kedalam halaman entri blog dengan mode halaman entri yaitu mode HTML. 
  6. Pada bagian mode Compose, atur kembali fromat artikel seperti ketebalan huruf, Posisi teks dll.
  7. Klik Publish untuk menampilkan artikel ke publik

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Unggah Artikel yang ditulis Microsft Word ke Blog dengan Mudah, semoga bermanfaat untuk kita semua.

35 komentar

This comment has been removed by the author.

Dulu pernah baru2 awal ngblog pasti nulis pake word dlu...eh ternyata setelah beberapa lama sering terjadi error di blog...ternyata yaa itu masalahnya...html di word tidak bisa di terima oleh blogspot...ini sih penting diketahui untuk pemula

Badass tutorialnya gan.... Ternyata gitu toh caranya.... Pantesan kadang2 ane kl ngepost dari ms word jadi suka erorr ketika dipublish... 👍

Selama ini saya pake Cara yg kedua gan, agak ribet sih, tp Gpp dg itu kita "dituntut" utk ngecek lagi tulisan2 kita

Kalo saya mah nulisnya di hp aja gan ...saya juga awal ngeblok di hp hehe, anti ribet kecuali mah yang doyan oprek html

Terima kasih tutorialnya gan, sangat bermanfaat...

Wah sangat membantu sekali ni untuk para blogger yang suka buat tulisan di microsoft word terlebih dahulu karena apabila langsung dicopas di word nanti masih ada embel-embel kodenya.. kalau pakai cara ini, aman ��

Sayangnya saya gak punya laptop... Nulis dan ngeblog dari hp. Tapi artikelnya bisa saya praktekkan kalau sudah ada laptop. tapi artikel ini cocok bagi yang baru awal ngeblog atau yang belum pernah nulis pakai microsoft word (seperti saya), Karena beberapa teman blognya mengalami error karena asal tulis dan copas.

terkadang ketika saya menulis di mcword dan terus di paste di blog akan beda format akan ganti, terima kasih solusinya min infonya.

Pake notepad juga ebak mas gan...

Apa keunggulan kita menulis di word daripada di blog sendiri?

Kalo saya biasa langsung tulis di postingan.. . Kadang nulis di body email langsung jadi postingan...

banyak juga ternyata cara mengkonversi tulisan yang diketik di ms word, memang sih intinya kalau di platform blogger itu tulisan dari ms word wajib tidak langsung dicopas tetapi harus melalui beberpa proses, diantaranya melalui notepad atau tool lainnya, saya sendiri pakai notepad terus membuat tag-tag nya di notepad. Pernah saya nyoba langsung dicopas dari ms word di paste ke blogger dan hasilnya banyak kode-kode yang gak dikenal.

ku baru tahu sih kalo dari ms word bermasalah ke blogspot. biasanya langsung tulis aja di editor blogspotnya. atau biasanya langsung nulis dulu dinnotepad.

Untuk penulisan yang selama ini saya lakukan adalah enaknya di notepad langsung dan di copas kan ke blogger lalu diedit-edit sedikit setelah itu saya publish. Untuk yang terlanjur menggunakan word saya sarankan untuk memindahkannya ke blog dengan mencoba 5 cara diatas.

Mantap min. Semua tutor di sini telah saya lakukan dan saya praktekkan

sy akan mencoba tutor yang diberikan sama mas admin ini,

Terima kasih tutorialnya sangat bermanfaat. Apa lagi blogger2 pemula seperti saya

Sevelumnya terimakasih tutorialnya sangat bermanffat.KALO saya terbiasa dan lebih nyaman nulis di word pad. Yang mau saya tanyakan adakah perbedaan antara word pad dengan microsofot word?

Ulasannya oke bangett panjang binti lebar, panduan recomended

cara paling oke sih saya dengan wordpad dulu baru dikopas ke post bloggernya

Astaga gan.. Sampai lewat excel pula? 😂😂 kalo aku sih mending langsung nulis di blog aja.. Jadi tidak menambah pekerjaan ketika mau publikasi artikel..

Kalo memang tidak bisa menulis langsung di blog karena faktor offline.. Maka lebih baik nulisnya di notepad.. Sehingga pas udah online.. Langsung copas aja dr notepad..trus paste ke blog.. Sisanya tinggal didesain formatnya sesuai selera di blognya (heading, tebal, hyperlink, dll)

Cocok nih bagi yang tidak selalu online. Bisa nulis dulu di offline atau ms word lalu biasanya saya copy ke sublime text dulu baru di copy ke blooger.

Sepertinya kalau pakai aplikasi lain lebih ribet. Kalau saya, menulis dari manapun, baik itu Ms. Word ataupun aplikasi catatan lainnya, langsung unggah di blog, namun dengan format html, bukan compose. Di situlah baru bisa dirapikan.

Wow :o Tutorialnya lengkap bener sampai ke Excel. Saya lebih suka nulis artikel di notepad, karena lebih efisien dan ringan. Soalnya MS Word terkadang harus nunggu dulu baru bisa dibuka.

Kalo gak nulis lngsung di postingan... Saya biasa nya lewat email... Ternyata banyak juga metode yg bisa digunakan untuk posting di blogger. .

Pas banget ini artikel buat saya yg always nulis pakai MS word. Ada yg kasih saran copy terus di blok sambil klik Tx yg di dasboard. Bukan rapi yang ada makin ancur dan mesti editing ulang. Kan bikin saya lelah kalau dah gitu.

Baca artikel ini pas banget dengan kebutuhan saya. Boleh dibilang nih ilmu Daging banget buat emak gaptek seperti saya. Sering panik kalau tulisan jadi berubah pas di copy paste ke dasboard blog.

Siap mencoba setiap tips yg ada ini. Makasih ya.... Sering-sering kasih tips yang simpel tapi penting begini ya.

Ohh begitu mas admin, saya menjadi tahu cara menulis artikel di word dan upload ke blog nya, saya sering nya langsung di blog, namun terlalu ribet juga sih, saya akan praktekkan nya langsung, semoga ada lagi cara cara ngeblog agar lebih mudah dan simple mas admin

Sekarang saya lebih suka menulis artikel langsung di dashboard blogger. Tetapi menginhat momen dahulu saya sedikit gembira. Karena bisa mengetahui jumlah kata pada artikel yang ditulis melalui word. Sejak itu saya menulis artikel di word agar langsung mendapatkan info jumlah kata. Ketika diposting di blog malah hasil artikelnya jadi amburadul.

Ternyata ada perbedaan dari word dengan dashboard blogger sehingga susunan tulisan tidak menjadi rapi lagi. Tetapi dengan cara diatas sudah bisa menulis kembali di word. Makasih tutorialnya min...

Tips y sangat berguna min. Tapi saya behangat lebih suka menggunakan sublime. Menurut saya sublime lebih wow aja.

Wag menarik sekali artikelnya jadi betah deh disini, terima kasih atas informasinya


EmoticonEmoticon