Saturday 10 November 2018

Kementerian PUPR Membuka Program Pelatihan Jarak Jauh Berbasis Kompetensi Bidang Konstruksi



Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi , siang , dan malam untuk kita semuanya

Jumpa lagi dengan blog Cyber Empires, semoga kawan - kawan tetap setia berkunjung di blog ane :D

Pada artikel sebelumnya , kita telah membahas mengenai beberapa program pelatihan yang ada di Indonesia. Namun, program pelatihan tersebut memiliki beberapa kendala salah satu diantaranya yakni program pelatihan harus dilaksanakan secara langsung ( melalui pertemuan tatap muka dan didalam suatu ruangan ) sehingga jumlah peserta yang mengikui pelatihan tersebut terbatas. Menurut data yang di kutip dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jumlah pekerja konstuksi di Indonesia sebanyak 8.1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 567.000 jiwa atau 7% yang baru tersertifikasi. Hal ini tentunya membuat pemerintah semakin gencar untuk membuat program pelatihan sertifikasi. Apalagi pada tahun ini Pemerintah Indonesia sedang gigih untuk melaksanakan program pembangunan infrastruktur sehingga membutuhkan tenaga konstruksi dalam jumlah yang besar namun terlatih, terampil dan memiliki sertifikat.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Indonesia membuka Program Pelatihan Jarak Jauh Berbasis Kompetensi Bidang Konstruksi yang bernama SIBIMA Konstruksi. SIBIMA ( SISTEM INFORMASI BELAJAR INTENSIF MANDIRI ) Konstruksi merupakan program pelatihan jarak jauh berbasis kompetensi bidang konstruksi yang ditujukan bagi masyarakat konstruksi. Program ini bertujuan untuk memberikan serta meningkatkan pengetahuan terutama dalam bidang konstruksi kepada peserta pelatihan sehingga diharapkan peserta dapat terampil dalam bidang konstruksi. Program ini terdiri dari 5 bidang pelatihan yakni :
  • Bidang jalan dan jembatan
  • Bidang Perumahan dan Pemukiman
  • Bidang Sumber Daya Air
  • Bidang Manajemen Konstruksi & Peralatan
  • Bidang Pengembangan Wilayah.

Masing - masing bidang memiliki cabang - cabang pelatihan nya tersendiri. Tentu, sebagian dari kamu pasti bertanya - tanya apasih manfaat mengikuti pelatihan ini? Program Pelatihan Jarak Jauh memilik banyak manfaat bagi peserta diantaranya :
  • Peserta dapat melakukan pelatihan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan waktu dan lokasi masing - masing peserta.
  • Peserta memperoleh materi pelatihan bidang konstruksi secara gratis yakni dengan mengunduh materi tersebut
  • Pelatihan ini memiliki kapasitas peserta yang tidak terbatas sehingga siapapun peserta bisa ikut dalam pelatihan jarak jauh tersebut.

Tentu teman - teman tertarik dalam mengikui pelatihan tersebut bukan? Sebelum teman - teman mendaftar terlebih dahulu teman - teman harus mengetahui syarat dan ketentuan pendaftar. Adapun syarat dan ketentuan mendaftar yaitu sebagai berikut :
  1. Merupakan Alumni program studi D3 dan D4/S1 bidang Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur, dan Teknik Planologi.
  2. Tenaga kerja yang tergabung dalam asosiasi profesi atau asosiasi badan usaha atau komunitas konstruksi lainnya.

Ikuti Alur Pendaftaran 


Untuk mengikuti pelatihan jarak jauh ada beberapa tahap yang harus teman - teman lakukan diantanya :
  • Bagi kamu alumni atau mahasiswa perguruan tinggi dan/atau  Kelompok masyarakat wajib mengajukan surat permohonan kepada Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (Surat dapat diunduh melalui website http://sibima.pu.go.id/ atau bisa klik disini).
  • Surat tersebut dikirim melalui email : sibimakonstruksi@gmail.com
  • Balai Penerapan Teknologi Konstruksi akan memverifikasikan surat permohonan yang telah kamu berikan dalam kurun waktu 7 hari kerja.
  • Apabila surat kamu diterima, maka akan dibuat sosialisasi pelatihan jarak jauh bidang konstruksi
  • Peserta melaksanakan pelatihan jarak jauh bidang konstruksi selama kurun waku 30 hari atau 1 bulan secara mandiri melalui website sibima.

Namun, bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan tanpa mengajukan surat permohonan bisa mengikuti kelas umum yang ada di website sibima konstruksi. Untuk mengikuti kelas umum ada beberapa tahap yang harus dilakukan yakni :

  1. Buka website http://sibima.pu.go.id/
  2. Pada halaman website, klik "silahkan daftar untuk jadi anggota" yang berada di pojok kiri


  3. Isi data - data yang tersedia. klik "Buat keanggotaan baru".
  4. Setelah itu kamu akan mendapatkan email balasan dari admin sibima untuk mengkonfirmasikan keanggotan. kamu bisa klik link yang tersedia di email balasan tersebut.

  5. Buka kembali website http://sibima.pu.go.id/ login menggunakan nama pengguna dan password.
  6. klik layanan pelatihan , dan pilih bidang yang ingin kamu ikuti pelatihan nya.

  7. pilih sub bidang yang ingin kamu ikuti kemudian pilih tahun terkini pelatihan

  8. Pilih dan klik jenis pelatihan yang kamu hendak ikuti.

  9. Jika pelatihan tersebut membutuhkan Enrolment key, maka kamu harus mencari pelatihan lain yang tidak memerlukan Enrolment key. ( Enrolment key merupakan kode pelatihan yang akan diberikan ketika pihak sibima melakukan sosialisasi ke instansi yang mengajukan pelatihan ).
  10. Jika teman - teman sudah menemukan pelatihan tersebut, maka teman - teman bisa klik "Daftarkan Saya" maka secara otomatis teman - teman akan terdaftar di pelatihan tersebut dan mendapatkan modul yang bisa teman - teman unduh.

  11. Pada pelatihan yang teman - teman pilih, lihat tanggal mulai pelatihan serta tanggal berakhir nya pelatihan agar pelatihan yang kita ikuti tidak sia - sia.
  12. Pada akhir pelatihan teman - teman akan melakukan ujian secara online di website tersebut dan harus memenuhi standar kelulusan. Adapun standar kelulusan nya yaitu maksimal 1(satu) nilai D pada ujian dan tidak boleh ada nilai E pada setiap ujian modul.  Berikut kriteria nilai yang diberikan :

    Nilai A : 100 - 85
    Nilai B : 84.99 - 70
    Nilai C : 69.99 - 56
    Nilai D : 55.99 - 45
    Nilai E : 44. 99 - 0
  13. Apabila dinyatakan lulus maka tombol cetak sertifikat akan otomatis muncul dan peserta dapat mencetak sertifikatnya secara mandiri
Untuk informasi lebih lanjut teman - teman dapat :

Nb. Pelatihan dibuka setiap bulan (12 kali dalam setahun) dan tidak membutuhkan biaya alias gratis.

Semoga bermanfaat ya ^_^

6 komentar

Thanks for sharing nice information with us. i like your post and all you share with us is uptodate and quite informative, i would like to bookmark the page so i can come here again to read you, as you have done a wonderful job. I found your blog using msn. This is an extremely well written article as . I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

New Year Wishes 2019
New Year Wishes 2019
Happy New Year 2019 Images
Happy New Year 2019 Messages

Wahhh artikel mantap gan, mau daftar ahh.

Jangan lupa main juga ya ke blog saya gan https://laluzulfakar.com

boleh juga ni ikut pelatihannya :) thanks min informasinya bermanfaat...
AmaterasuBlog

saya fresh graduate mau daftar. Tapi semuanya butuh enrollment key. Ini gimana ya? Apa saya harus mengajukan surat permohonan untuk saya sendiri saja?

terima kasih atas perhatiannya

Thanks gan bermanfaat sekali


EmoticonEmoticon