Monday 5 November 2018

Kementerian Ketenagakerjaan RI Membuka Program Pelatihan Kerja dan Sertifikasi di Kota Medan Tahun 2018


Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi , siang , dan malam untuk kita semuanya

Jumpa lagi dengan blog Cyber Empires, semoga kawan - kawan tetap setia berkunjung di blog ane :D

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Menurut data yang dilansir dari The Spectator Index terkait 20 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan penduduk terbanyak nomor empat didunia. Hal ini tidak mengherankan sebab Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai ragam pulau, suku, budaya, dan agama ; mulai dari sabang sampai merauke, dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga Provinsi Papua semuanya terdiri atas berbagai ragam suku dan budaya.

Salah satu provinsi yang ada di Indonesia adalah provinsi Sumatera Utara dengan ibukota Medan. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa obyek wisata yang unik baik dari segi wisata alami, wisata budaya, maupun wisata pendidikan. Beberapa obyek tersebut sudah dikenal oleh masyarakat lokal hingga mancanegara sehingga tidak mengherankan jika banyak para wisatawan berlomba - lomba untuk mengunjungi wisata yang ada di provinsi Sumatera Utara. Namun dibalik itu semua ada beberapa persoalan di provinsi Sumatera Utara terkhususnya kota Medan yang harus segera diatasi. Salah satu diantaranya adalah tingkat pengangguran di kota Medan.

Pengangguran merupakan momok yang menakutkan bagi setiap negara terutama negara Indonesia. Setap tahun jumlah pengangguran terus bertambah sementara ketersediaan lapangan kerja terbatas. Menurut data Badan Pusat Statistika tingkat pengangguran di provinsi Sumatera Utara berkisar 5.50 persen atau sebanyak 403 ribu jiwa. Jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran di provinsi lain di Indonesia angka tersebut relatif lebih rendah, namun bukan berarti masalah pengangguran menjadi hal yang sepele untuk diatasi sebab jika pengangguran dapat diatasi maka indeks kebahagaiaan di Sumatera Utara dapat ditingkatkan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi pengangguran, diantaranya adalah kurangnya keahlian ataupun keterampilan yang dimiliki sehingga akan sulit untuk memperoleh pekerjaan. Berdasarkan hal tersebut maka Pemerintah Kota Medan melalui Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia membuka pelaksanaan Pelatihan Kerja & Sertifikisai yang berpusat di BBPLK ( Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja ) kota Medan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi pekerja Indonesia agar mampu bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri serta diharapkan dengan adanya program ini angkatan kerja Indonesia dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara profesional dan mandiri.


Program pelatihan ini terdiri dari dua (2) kejuruan diantaranya Kejuruan Pariwisata dan Kejuruan Bangunan. Masing - masing kejuruan memiliki cabang program pelatihan nya tersendiri dan bagi kamu yang ingin mengetahui program pelatihan nya bisa klik disini.

Tentu, sebagian dari kamu pasti bertanya - tanya apasih manfaat mengikuti program pelatihan ini? Menurut sumber yang ada manfaat / benefit dari mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut :
  • Dengan mengikuti pelatihan , kamu memperoleh sertifikat pelatihan dan/atau sertifikat kompetensi ( kenapa tertulis "atau", dikarenakan pada akhir pelatihan kamu akan melakukan uji kompetensi )
  • Pengalaman Pelatihan
  • Mendapatkan Asuransi
  • Mendapatkan Pakaian Kerja
  • Menambah relasi antar sesama peserta
  • dll

Bagi kamu yang ingin mendaftar, terlebih dahulu kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan pendaftar. Adapun syarat dan ketentuan mendaftar yaitu sebagai berikut :
  • Laki - Laki /Perempuan
  • Usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang dalam kegiatan sekolah ataupun kuliah
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy Ijazah terakhir sebanyak 1 lembar
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar
  • Sehat Jasmani dan Rohan serta tidak buta warna
  • Lulus Tes Seleksi

Untuk sistem pendaftaran, kamu bisa mendaftar melalui situs online : http://www.kios3in1.net/007/2pelatihan.php atau bisa langsung datang ke kantor BBPLK Medan di Jalan Gatot Subroto KM 7.8 Medan

Jika kamu berminat, langsung segera mendaftar ke link yang dituju atau ke alamat yang dituju dikarenakan batas pendaftaran hanya sampai dengan akhir Desember 2018 loh.
Bagi kamu yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor dibawah ini :

  • 061-8443230
  • 0813-7053-9597 (Rahmat P. Siregar, ST,MM)
  • 0812 6477 3500 (Ahmad Fajar, A.Md)

Nb. Pelaksanaan program pelatihan biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu 1 - 2 bulan tergantung kejuruannya.

Semoga bermanfaat ya  ^_^

2 komentar

Program seperti ini sangat membantu masyarakat dan pemudanya buat bisa bersaing di dunia kerja... Top banget Medan


EmoticonEmoticon