Friday 2 November 2018

Kementerian BUMN Membuka Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN GRATIS

Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi , siang , dan malam untuk kita semuanya

Jumpa lagi dengan blog Cyber Empires, semoga kawan - kawan tetap setia berkunjung di blog ane :D

Perkuliahan merupakan salah satu sarana untuk menambah wawasan , pengalaman serta kehidupan. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya kuliah merupakan jenjang pendidikan tertinggi di dunia pendidikan dan jika dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik maka secara tidak langsung akan sedikit meningkatkan derajat kita di mata masyarakat.
Masa - masa kuliah pun harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mahasiswa/i untuk menemukan jati dirinya sehingga dapat menjadi bekalnya di dunia kerja.

Namun, pada kenyataannya di zaman sekarang banyak mahasiswa/i yang belum dapat menemukan jati dirinya melalui bangku perkuliahan ditambah lagi tuntutan pihak perusahaan yang mengharuskan mahasiswa/i harus memiliki pengalaman ataupun sertifikat keahlian di bidang nya. Hal ini yang membuat banyak mahasiswa/i yang sudah selesai menempuh jenjang pendidikan nya belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya sehingga mengakibatkan mahasiswa tersebut menjadi seorang pengangguran. Hal ini berdasarkan data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang menyatakan bahwa sekitar 8.8 % dari total 7 juta pengangguran di Indonesia adalah para sarjana (sekitar 616.000 jiwa). Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) mengadakan program magang bersertifikat yang berada di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Program ini melibatkan sekitar 144 BUMN di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah setiap tahunnya sebagai tempat magang untuk mahasiswa/i perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Para peserta magang akan ditempatkan di BUMN tertentu sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Program ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia terutama dikalangan mahasiswa/i sehingga diharapkan mahasiswa/i siap untuk memasuki dunia pekerjaan dan menghadapi persaingan persaingan yang ada, selain itu program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk belajar dan memperoleh pengalaman kerja di lingkungan BUMN. Program magang ini menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi.

Ada sekitar 56 institusi kampus / perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan program magang tersebut. Untuk mengecek kampus kamu , bisa klik disini. Jika kampus kamu merupakan salah satunya , tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti program magang tersebut bukan? Namun jika kampus kamu tidak termasuk dalam list kampus yang bekerja sama tidak perlu berkecil hati. Kamu bisa meminta kepada pihak administrasi kampus untuk mengirimkan permohonan kerja sama ke ketua Umum FHCI, Up. Direktur Eksekutif FHCI melalui email : pmmb@fhcibumn.com

Tentu, sebagian dari kamu pasti bertanya - tanya apasih manfaat mengikuti magang ini? Menurut sumber yang ada adapun manfaat / benefit dari mengikuti magang adalah sebagai berikut :
  • Dengan mengikuti magang, kamu memperoleh sertifikat magang industri dan/atau sertifikat kompetensi (kenapa tertulis atau, dikarenakan pada akhir magang kamu akan melakukan uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi)
  • Uang Saku Harian
  • Pengalaman Kerja di lingkungan BUMN
  • Menambah relasi antar sesama mahasiswa
  • dll

Sebelum kamu mendaftar, terlebih dahulu kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan pendaftar. Adapun syarat dan ketentuan mendaftar yaitu sebagai berikut :
  • Merupakan mahasiswa aktif perguran tinggi yang telah bekerja sama dengan FHCI
  • IPK minimal 2.75
  • Bersedia magang selama 6 (enam) bulan kurun waktu penuh
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia
  • Bersedia untuk tidak mengundurkan diri pada saat magang berlangsung
Dikarenakan program ini dilaksanakan selama kurun waktu 6 bulan , alangkah baiknya kamu berkonsultasi dengan pihak kampus dan orang tua untuk mengambil program ini.

Nah , bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program magang , kamu bisa klik disini.

Ikuti alur pendaftarannya


Untuk mengikuti program magang, kamu harus mengikuti serta memahami alur pendaftaran Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Ada 3 alur/tahap pelaksanaan, diantaranya :

Tahap Pra Pelaksanaan
Pada tahap ini kamu bisa melakukan pendaftaran melalui institusi kampus yang bekerja sama dengan FHCI (Jika belum, kamu bisa meminta pihak administrasi kampus untuk mengirimkan permohonan kerjasama ke ketua umum FHCI, Up. Direktur Eksekutif FHCI melalui email : pmmb@fhcibumn.com). Adapun berkas - berkas yang perlu kamu persiapkan diantaranya :
  • Curricullum Vitae (Data Pribadi)
  • Pakta Integritas
  • SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )
  • SKTM ( Surat Keterangan Tidak Mampu ) ; Optional.

Di tahap ini pihak kampus akan melakukan seleksi untuk menentukan mahasiswa/i yang berhak mengikuti program magang. Sembari pihak kampus melakukan seleksi, FHCI mengumpulkan semua informasi terkait dengan kebutuhan pemagangan.

Tahap Pelaksanaan
Pada tahap ini, para peserta magang yang dinyatakan lulus seleksi kampus kemudian diberi pembekalan oleh instansi BUMN yang bersangkutan dimana para peserta magang sudah mengetahui lokasi penempatan BUMN. Adapun materi pembekalan yakni berupa pengenalan BUMN dan pengenalan pekerjaan yang akan dilakukan oleh peserta magang selama proses pelaksanaan dengan pelaksanaan magang dilaksanakan selama kurun waktu 6 bulan.

Tahap Uji Kompetensi
Pada tahap ini, peserta magang yang telah menyelesaikan serangkaian proses pelaksanaan kegiatan magang dan dinyatakan siap untuk mengikuti uji kompetensi berhak untuk melakukan uji kompetensi yang di selenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sesuai dengan kompetensi yang dilaksanakan selama program magang. Jika peserta magang dinyatakan lulus dalam uji kompetensi maka peserta magang akan mendapatkan dua sertifikat yakni sertifikat magang industri dan sertifikat kompetensi, namun jika peserta magang dinyatakan tidak lulus dalam uji kompetensi maka peserta magang hanya mendapatkan sertifikat magang industri. Seluruh biaya dalam pelaksanaan uji kompetensi ditanggung oleh pihak BUMN yang bersangkutan.


Jika kamu berminat, sesegera mungkin bertanya kepada instansi kampus kamu dikarenakan batas pendaftaran untuk tahun 2018 hanya sampai dengan tanggal 30 November 2018 loh.

Nb. Pelaksanaan program magang biasanya dimulai dari periode januari/februari dan periode juli/agustus. bagi kamu yang ingin memperoleh informasi selengkapnya bisa klik disini

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi  :

Semoga bermanfaat ya ^_^

3 komentar

Mantap nih infonya gan, kebetulan lagi cari tempat magang juga nih

wah enak ya sekarang dah di terapin kaya gitu, waktu dulu ane magang di bumn kaga dapet sertifikat haha


EmoticonEmoticon