Tuesday 29 November 2016

[Hati-Hati] Website Phising Sudah Bertebaran Dimana-mana




Assalamualaikum wr.wb


Selamat pagi,siang, dan malam untuk kita semuanya ^_^

Apa kabar nih teman-teman sekalian??  tentunya pada baik-baik aja kan?? Oh ya ane mau cerita nih. Semalam kan kawan ane tuh curhat ke ane tentang game.
Dia merasa ketipu karena akun game online dia tiba-tiba di hack oleh orang lain.
Ane pun penasaran lah kok bisa akun nya di hack orang padahal cuman dia sama tuhan yang tau tuh akun?? Dan dia jawab lah sebelumnya dia membuka social media yaitu facebook dan dia membuka fanspage resmi game online kesukaannya yaitu Lost Saga Indonesia.
Nah setelah itu dia pun membaca komentar dari setiap orang dan dia tertarik pada seorang komentar yaitu pada gambar dibawah ini :




Nah dia pun kemudian mengklik link tersebut





Kemudian dia pun mengisi seluruh data-data yang ada di website tersebut dengan akun game online kesayangannya itu. Dan dia pun dengan polosnya mengisi data tersebut tanpa bertanya dulu ke temannya.

Setelah dia mengisi data tersebut, dengan bangganya dia mencentang semua hero agar dia dapat hero tersebut secara percuma dan dia pun kemudian mengklik SEND MESSAGE



Setelah itu pun dia merasa senang dan bahaagiaaa :D

Keesokan harinya dia mengecek akun game onlinenya tersebut ke warnet dan berharap bahwa heronya bisa bertambah. Namun apa yang terjadi, tiba-tiba saja akunnya tidak bisa dibuka karena passwordnya salah. Dia pun mencoba berulang kali untuk login ke akun tersebut namun gagal karena passwordnya selalu salah.

Dia pun pasrah dan dengan perasaan sedih dia pulang dan kebetulan jumpa dengan ane di jalan dan menceritakan semua kejadian ini ke ane.



Berikut Percakapan ane dan dia :

A (Ane)

D (Dia)



A: “oalah bro-bro, ente ketipu tuh”
D : “Ketipu gimana bro??”
A : “Ya ketipu lah :v”
D : “Maksud gua ketipu gimana??” -_-
A : “ Situs yang kamu percayai itu namanya Phising bro”
D : “Phising?? Apaan itu bro??”
A : “Nah gua jelasin ya bro. Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Nah Phising itu bisa berupa situs website seperti lu itu.”
D : “Jadi Kalau udah terkena Phising, char gua gimana donk bro??”
A : “ Yaaaa lu ikhlasin lah bro, udah gak bisa diambil lagi tuh bro, lagianpun lu jangan percaya sama hal-hal gituan bro. zaman sekarang nih gak ada yang gratis bro. Buang air kecil aja bayar kok :v”
D : “Yaa udah lah bro gua ikhlasin aja, dan gua lain kali hati-hati dengan web-web begituan bro”

 



Akhirnya temen ane tuh mengikhlaskan charnya tadi diambil orang. Nah teman-teman, phising tidak hanya berlaku untuk akun game online Lost Saga aja. Akun game online seperti Point Blank, COC, Line Get Rich pun ada Phisingnya.
Tergantung bagaimana kita bisa membedakan mana website asli mana website palsu. Dan biasanya pihak game tidak akan pernah memberikan event/hadiah besar-besaran secara percuma karena mereka bisa rugi besar bro.

“Ingat, kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya. Tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!" 



26 komentar

iya gan phising udh menyebar dimana mana -_-

Terimakasih gan infonya, mulai sekarang perlu hati2

makasi nih infonya bermafaat

wahh mulai sekarng harus hati" dengn web phising,

wahh mulai sekarng harus hati" dengn web phising,

infonya bagus gan,mungkin akan sangat membantu untuk kedepan nanti
ditunggu artikel lainnya

Wah emang semakin hari kita harus semakin berhati hati di dunia maya ya gan

Tiap hari orang ada aja yang buat website phising.. saya dulu pernah kena web phising tapi Alhamdulillah alngsung saya ganti password nya..

saya si paling benci sama yang namanya phising. kasian banget sama anak anak warnet yang ketipu. tapi dari pertama kali saya kenal game, dan banyak web web phising tapi saya belum tau soal phising. saya biasanya coba pake char spaam alias char baru, buat mastiin itu beneran apa ngga. ya tapi tetep aja orang iti phising dan mustahil hal hal yang ada di web itu bakal masuk ke char kita

Sy mau benci phising..tapi sy sendiri yg melakukan :v

Informasi bermanfaat untuk kita pengguna internet agar selalu berhati hati pada saat membuka halaman internet, terutama halaman internet yang tidak resmi dan meminta kita memasukan akun beserta password aku kita..

hanya orang bodoh percaya dengan situs cheat" ;v

bener tuh gan dari tahun 2016 sampe sekarang banyak banget situs phising

bukannya 2015 semua yang berkaitan tentang phising udh di block ya?

sangat bermanfaat gan!!, dulu ane sering banget liat link kayak gtu, ngjak untuk masuk ke link itu. Tapi untungnya ane ga pernah klik itu link.. :D

Pernah dulu kena phising, karena cheat pb yg fordeon, sue.

bermanfaat banget , baca artikel ini jadi inget buat hati-hati

Kalau saya sih jarang ketemu ama phising soalnya orang orang udah bisa bedain mana phising mana asli tapi malahan banyak/marak scam gan,kayak pulsa gratis,internet telkomsel gratis, dan masih banyak lagi kalau pulsa gratis nanti cuma suruh ngisi no hp lalu kartu sim lalu suruh download apk,kebanyakan apknya adalah uc news

iya banyak bener serangan phising jadi kita harus hati-hati, terima kasih yah mas

Wah makasih infonya nih. Tapi, alhamdulillah sepanjang saya berselancar di dunia internet saya belum pernah kena phising...


EmoticonEmoticon