Thursday, 21 July 2016

Ciri - Ciri Jalan ASPAL, BETON, TANAH yang Baik dan Tidak Baik


Assalamualaikum Wr. WB

Selamat Pagi , siang , dan malam semuanya :)

Apa kabar nih teman - teman?? Tentunya pada sehat kan??

Ohh ya pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan ilmu tentang  Ciri-Ciri Jalan yang Baik dan Tidak Baik.. Yappz hal ini penting agar kita bisa mengetahui bagaimana Jalan yang baik dan Jalan yang tidak baik :)


Okk langsung saja ini dia penjelasannya CEKIIDOTT!!!




 


1.    KERUSAKAN JALAN



A.  Retak (cracks)

1.     Retak Kulit Buaya (alligator cracks)



Salah satu kerusakan jalan berupa retak yang memiliki celah cukup lebar. Kemungkinan terjadi akibat bahan perkerasan jalan yang kurang baik, tanah dasar lapisan di bawah permukaan kurang stabil yang mungkin terjadi akibat tidak dilakukannya survey terhadap kondisi tanah sebelum dilakukannya perkerasan jalan.

Akibat yang dapat ditimbulkan dengan adanya retak kulit buaya (alligator cracks) pada jalan yaitu apabila jalan tersebut terus-menerus dilalui oleh kenderaan maka akan menyebabkan lekukan akibat tidak stabilnya keadaan tanah. Ketika hujan turun, retakan tersebut akan tergenang oleh air, akibatnya air akan menyerap ke lapisan dalam jalan melalui celah-celah pada retakan, lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya lubang yang akan menyebabkan terjadinya kerusakan menyeluruh pada perkerasan jalan.
                                                                    
2.     Retak Pinggir (edge cracks)




Gambar di atas merupakan salah satu contoh kerusakan jalan berupa retak yang terjadi pada daerah pinggir badan jalan. Retak pada jalan ini juga termasuk pada jenis retak halus karena lebar celah yang tidak begitu besar. Kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan ini adalah bahan perkerasan/ kualitas material kurang baik, pelapukan permukaan, air tanah pada badan perkerasan jalan, tanah dasar di bawah permukaan kurang stabil. Selain itu retak ini kemungkinan juga terjadi akibat akar tanaman yang tumbuh di sekitar badan jalan. Di sekitar badan jalan yang mengalami kerusakan ini memang terdapat tanaman asam jawa, kemungkinan kerusakan ini terjadi akibat akar tanaman tersebut yang menjalar di bawah permukaan jalan, sehingga menimbulkan keretakan.

Faktor terbesar yang menjadi penyebab lanjutan dari keretakan jalan ini yaitu faktor air hujan. Air hujan yang turun akan masuk melalui celah-celah retakan dan akan sampai pada lapisan perkerasan jalan di bawahnya, sehingga akan mengurangi kekuatan perkerasan jalan. Lama-kelamaan dapat berkembang menjadi retak buaya, dan akan berkembang menjadi kerusakan lebih besar yang diikuti oleh pelepasan butir pada tepi retak.


3.     Retak halus/rambut



Jalan aspal dapat terjadi retak halus dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
Ø  Bahan perkerasan yang kurang baik
Ø Tanah dasar atau perkerasan dibawah lapis permukaan yang kurang stabil.





B.  Berlubang



Gambar di atas merupakan salah satu contoh kerusakan jalan yang kemungkinan diakibatkan oleh bahan perkerasan atau kualitas material yang kurang baik, tanah dasar lapisan di bawah permukaan kurang stabil dan faktor air hujan. Tampak pada gambar bahwa lubang digenangi oleh air hujan, air hujan lama-kelamaan akan menambah lebar diameter lubang dan menyebabkan  pelepasan butir dari pinggir lubang sehingga kerusakan jalan akan bertambah parah.




C.  Bergelombang





Pada gambar di atas, tampak bahwa sebagian bahu jalan digenangi oleh air hujan, itu berarti terdapat perbedaan tinggi pada perkerasan jalan tersebut. Kemungkinan besar penyebab jalan menjadi bergelombang yaitu tanah dasar di bawah permukaan jalan yang kurang stabil akibat tidak dilakukannya survey yang teliti terhadap keadaan tanah pada perkerasan jalan tersebut. Jalan seperti ini apabila terus menerus dilalui oleh kendaraan, apalagi kendaraan yang berat akan menambah kedalaman gelombang. Selain itu, air hujan yang menggenangi jalan yang bergelombang lama-kelamaan juga dapat menjadi penyebab kerusakan lanjutan dari jalan yang bergelombang.




Kemungkinan penyebab kerusakan jalan pada gambar di atas adalah bahan perkerasan/ kualitas perkerasan yang kurang baik dan faktor air hujan. Ketika hujan turun, air hujan akan menggenangi jalan tersebut, sehingga menyebabkan jalan terkikis oleh air karena material jalan yang kurang baik, butir-butir material perkerasan jalan juga akan terlepas, lama-kelmaan kerusakan akan bertambah parah, sehingga akan mengganggu lalu lintas.








Contoh jalan pada gambar di atas termasuk pada kondisi jalan yang sudah tidak baik, karena lapisan aus sebagai lapisan paling atas dari jalan sudah tidak tampak dan tidak menutupi lagi lapisan di bawah nya, akibatnya butiran batu pada campuran jalan tampak jelas. Jalan seperti ini apabila terus-menerus dilalui oleh kendaraan dan terkena air hujan akan menyebabkan kerusakan dan butiran-butiran batu terlepas sehingga dapat mengganggu lau lintas. Kemungkinan penyebab hal tersebut adalah faktor usia dari jalan itu sendiri dan tidak adanya dilakukan perbaikan terhadap jalan tersebut.



D.   Jalan Tanah Yang Rusak



Kerusakan pada jalan tanah dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
Ø Kerusakan pada jalan tanah pada gambar  biasa disebut kerusakan alur. Bentuk turunnya berbentuk memanjang,yang disebabkan oleh lintasan beban /kendaraan secara berulang-ulang.



E.    Jalan Tanah yang Tidak Memiliki Selokan


Menurut saya foto jalan yang masih terbuat dari tanah ini merupakan jalan yang tidak baik karena tidak memiliki selokan sebagai tempat untuk mengalirkan air ketika hujan. Akibat tidak memiliki selokan , jalan tanah ini sering terendam atau tergenang air bila hujan turun yang mengganggu saat berkendaraan.


F.    Jalan Tanah yang Tidak Rata





Foto jalan ini menunjukkan bahwa jalan yang masih terbuat dari tanah ini memiliki kedataran tanah yang tidak sama , hal ini bisa terjadi karena proses pemadatan yang kurang maksimal ( kurang bagus) sehingga terjadi pemadatan yang tidak rata yang mengakibatkan jalan menjadi bergelombang.



2.    Jalan Aspal yang Bagus

A.    




Menurut saya jalan diatas termasuk jalan yang bagus karena  ketika hujan turun air tidak akan tergenang dijalan karena kemiringan jalan baik,dan saluran  pembuangan air dapat berfungsi dengan baik walaupun hujan deras. Selain itu kualitas jalan baik karena tidak terdapatt keretakan disepanjang jalan, itu artinya bahwa pengerjaan jalan baik.




B.

Foto gambar diatas menurut saya merupakan contoh jalan yang bagus karena :
§  Aspal tersebut berwarna coklat sampai hitam, karena tidak memantulkan  cahaya, sehingga layak digunakan.
§  Memiliki pembuangan ( selokan ) dikiri kanan jalan
§  Pemadatan material jalan dilakukan dengan baik
§  Tidak bergelombang, berlubang dan retak
§  Elevasi jalan rata dan tidak bergelombang
§  Tidak terdapat kerusakan pada jalan seperti retakan halus ataupun retak kulit buaya.
§  Terdapat trotoar untuk pejalan kaki.
§  Terdapat jalur hijau untuk tempat tumbuhnya pepohonan.

  


C.



Menurut saya jalan diatas termasuk jalan yang bagus karena ketika hujan turun air tidak akan tergenang dijalan karena kemiringan jalan baik,dan saluran  pembuangan air dapat berfungsi dengan baik walaupun hujan deras. Selain itu kualitas jalan baik karena tidak terdapatt keretakan disepanjang jalan, itu artinya bahwa pengerjaan jalan baik.




dah tau kan gimana CIRI-CIRINYA?? ^_^

Semoga bermanfaat ya ^_^

    Choose :
  • OR
  • To comment
44 comments:
Write komentar
  1. paling ga demen sama aspal yang kurang bagus, bisa membahayakan pengguna jalanan juga tuh kalo kurang baik

    ReplyDelete
  2. banyak banget di indonesia itu aspal kurang bagus

    ReplyDelete
  3. yang bahaya yang menggelembung di pinggir aspal, gua pernah jatuh -_-

    ReplyDelete
  4. wah kebetulan di daerah gue , banyak jalan yang berlubang tuh . btw penjelasannya sipp buat bahan pembelajaran.

    Cc : arjuna rafi

    ReplyDelete
  5. Pantesan di daerahku jalannya cepat rusak modelnya retaknya seperti kulit buaya pada penjelasan no. 1 di atas.

    ReplyDelete
  6. mantab nih di sekitar rumahku banyak yang berlubang gitu :)

    ReplyDelete
  7. thanks gan penjelasannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Wahh ternyata setaip kerusakan aspal ada namanya juga tohh :D makasih penjelasannya

    ReplyDelete
  9. Thx gan dah share ciri cirinya

    ReplyDelete
  10. rumit juga ya menentukan kualitas jalan aspal

    ReplyDelete
  11. setuju gan apalagi kl kendaraanya bawa beban lebih duh cepet rusak itu jalannya

    ReplyDelete
  12. tempat ane juga jalanannya aspal udah pd ancur gn T_T

    ReplyDelete
  13. Wah membantu banget nih ciri-cirinya, jadi bisa bedain mana yang baik dan mana yang tidak baik.

    ReplyDelete
  14. Anak sipil gan? dulu pengen masuk Prodi itu, tapi hemmm ya sudahlah :D

    ReplyDelete
  15. Di kota saya tepatnya di kampung saya, jalan berlubang dan jalan yang bergelombang banyak, tapi untungnya masih belum ada kecelakaan yang terjadi, artikelnya mantab, makasih mas.

    ReplyDelete
  16. Gracias por darme la información útil. Creo que lo necesito!

    ReplyDelete
  17. abis baca artikel ane jd rada keseel soalnya ada kemungkinan kita ini make aspal yg ga bagus demi keuntungan nih pemerintah-_-

    ReplyDelete
  18. Jalan di depan rumah ane aligator cracks dong...
    Kayak aligator retak-retaknta..

    ReplyDelete
  19. Jalan depan rumahku jebol2 aspalnya :v

    ReplyDelete
  20. ohh gitu ya pantesan di kampung saya banyak yang jebol

    ReplyDelete
  21. didaeerah saya sih sebenarnya bagus tanahnya. tp semenjak dumtruck jadi raja jalanan, jalan rayanya semakin ancur deh :3

    ReplyDelete
  22. wkwkkw truk sering masuk ke komplok saya, jadi pada ancur -_-

    ReplyDelete
  23. Jalan di desa ane sering rusak gara gata banjir -_-

    ReplyDelete
  24. nice info, ane bisa tau nama nama kerusakan jalan disini

    ReplyDelete
  25. wah bener bgt tuh,,, nice info gan.. nanti ane kasih tau yang lainnya

    ReplyDelete
  26. wkwk ngakak jalan aligator Skin =)) di ane banyak yg gitu haha
    btw makasih infonya

    ReplyDelete
  27. Ini nih yg perlu pemerintah Liat biar jalanan indonesia gk cepat rusak :D

    ReplyDelete
  28. Nice gan, kujungi balik gan : sendbroadcast.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. NamanYA Juga aspal...
    jarang ada yang awet...
    Silahkan Comen back di sini

    ReplyDelete
  30. kalau aspal Retak Kulit Buaya itu berbahaya gak gan? apaitu akan lama kelamaan akan menjadi retakan yang besar?

    ReplyDelete
  31. jalan yang gak rata di desa ane masih banyak
    sampai ditanami pohon di tengahnya

    ReplyDelete
  32. kalau di jalan tol itu, aspal yang bagus y gan? atau ada campuran yg lain?

    ReplyDelete
  33. seperti di kota ane, aspalnya pada bergelombang
    btw nice artikel gan

    ReplyDelete
  34. Di depan rumah ku juga banya yang seperti itu -_-

    ReplyDelete
  35. bagus nih infonya. ane sebagai anak teknik bagus nih

    ReplyDelete
  36. Pernah jungkir balik gegara ini nih. (Abu)

    ReplyDelete
  37. Artikel Sederhana Yang Bermanfaat.. The Best LAHH !!!!

    ReplyDelete