Sunday 13 March 2016

Angka 13

Assalamualaikum
Apa kabar semauanya...? Tentu pada sehat kan??? oh ya hari ini hari minggu loh, tepatnya tanggal 13.

Pasti ada yang berpikir ada apa dengan tanggal 13 bukan?? Yapzz tanggal 13 merupakan tanggal yang biasa saja, tapi tahukah kamu bahwa angka 13 merupakan angka SIAL??

Kenapa angka sial? apa yang menyebabkan nya angka sial?? dan apakah kita harus mengimani kesialan angka 13 ini??

Untuk menjawab pertanyaan diatas, disini saya akan menjelaskan mengapa angka 13 merupakan angka sial. Ada beberapa versi yang mendasari takhayul ini, ddiantaranya

1. Kode Hammurabi
Ketakutan terhadap angka 13 berawal dari Legenda The Code of Hammurabi, yang merupakan kode kuno berbahasa mesopotamia tentang hukum Babilonia. Konon, kode berisi hukum yang diberlakukan pada masa Raja Babilonia ke-6 yang ditulis pada batu dan tanah liat seukuran manusia ini merupakan prasasti tertua di dunia dan berukuran sangat panjang.
Diceritakan, penulis kode tersebut melewatkan nomor 13 pada daftar hukum yang ditulisnya sehingga hukum nomor 13 tersebut tidak dinomori. Kemudian ketakutan akan angka 13 muncul dan dianggap buruk di beberapa agama terdahulu.

 

2. Dewa ke-13 kaum Nordik
Awalnya, dipercaya bahwa kaum Nordik (Norse) yaitu kepercayaan yang sempat berkembang di masyarakat Jerman Utara, memiliki 12 dewa yang baik-baik. Misalnya, Thor yang melindungi kaumnya dengan palunya, Odin yang memberi pengetahuan, Njörðr yang memberi kekayaan dan tempat tinggal, Freyr yang memadukan cuaca dan pertanian untuk kemakmuran.
Namun kemudian, beberapa menyebutkan bahwa Loki Laufeyjarson adalah dewa ke-13 kaum Nordik. Loki bukan termasuk dewa karena dia merupakan keturunan Jotun (raksasa). Dia bisa diangkat menjadi dewa disebabkan kedekatannya dengan pemimpin para dewa, Odin. Loki digambarkan suka mengacau dan bertipu muslihat. Loki juga adalah dewa yang menggunakan kecerdikannya untuk memperdaya Hodhr, saudara Balder yang buta untuk membunuh Balder.

 

3. Jumat 13
Jumat 13 (Friday the 13th) menjadi salah satu kepercayaan berawal dari kematian komposer terkenal Italia Gioachino Rossini. Rossini yang mempercayai Jumat tanggal 13 merupakan hari sial, ternyata meninggal pada hari yang ditakutkan tersebut, yaitu Jumat, 13 November 1869.
Bahkan setelah adanya film Friday the 13th, masyarakat memilih berdiam diri di rumah dan berupaya sebisa mungkin menjauhi pertemuan dengan orang lain. Mereka menganggap akan ada karma dari alam.

 

4. Posisi ke-13 Perjamuan Terakhir Yesus
Perjamuan terakhir (The Last Supper) merupakan makan malam terakhir Yesus bersama 12 muridnya sebelum kematiannya. Posisi ke-13 yang dimaksud yaitu Yudas Iskariot. Angka 13 ini jika Yesus juga ikut dihitung. Yudas dikenal sebagai pengkhianat karena telah menjual Yesus demi mendapatkan uang.

 

Namun, dalam agama isla, ALLAH SWT memilih angka 13 sebagai jumlah rukun dalam salat.
Ibadah ini merupakan tiang agama yang menjadi pondasi dasar kokohnya agama Islam. Ibadah ini dibangun dengan 13 rukun untuk mencapai pondasi yang kuat.

ke 13 rukun tsb antar lain :


  1. Niat
  2. Takbiiratul-ihraam,
  3. Membaca Al-Fatihah
  4. Ruku’
  5. I’tidal atau Berdiri tegak setelah ruku’
  6. Sujud dengan tujuh anggota tubuh
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Thuma’ninah dalam semua amalan shalat
  9. Tertib urutan untuk tiap rukun yang dikerjakan
  10. Tasyahhud Akhir
  11. Duduk Tasyahhud Akhir
  12. Shalawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
  13. Dua Kali Salam
Nah masih pantaskah kita sebagai umat islam khusunya percaya kepada mitos dan tahayul yang berkembang pada angka 13 ini??

Sebagai umat yang beragama khususnya umat islam sebaiknya kita jangan mudah percaya akan sesuatu yang tidak logis. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam surah Yunus yang artinya :
 “Jika Allah menimpakan kepadamu kemudaratan maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan bila Dia menghendaki kebaikan bagimu maka tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.” (Yunus: 107)

Jangan pernah percaya bahwa angka  terutama angka 13 membawa sial. Yang demikian itu disebabkan kebodohan dan kedunguan akal mereka mengait-ngaitkan peristiwa kesialan yang mereka alami dengan angka-angka.


 Semoga dengan adanya penjelasan ini, bisa menambah keyakinan serta waawasan kepada diri kita bahwa semua angka itu sama, dan TIDAK ADA YANG NAMANYA ANGKA SIAL ^_^

Wassalamualaikum wr. wb

15 komentar

Wah gan ane baru tau ternyata ada rahasia dibalik angka 13..thx infonya gan

ya betul sob semua anga itu sama

ternyata banyak macamnya pada angka 13

ohhh jadi itu tohh yang dimaksud dengan Jumat 13 (Friday the 13th,soalnya orang ingris banyak banget yang bilang seperti itu wkkwkw

Bagus nih artikel.....lengkap bgt.....suapaya orang2 tidak takhayul soal tanggal 13

Sangat menarik ni angka 13. Ada yang menganggap istimewa ada yang tidak. Nice art

baru tau saya soal tanggal 13, makasih gan infonya :D

Banyak artinya ya dengan angka 13

Thanks gan jadi tau ternyata thor di film itu awalnya dari kaum nordik.. Hehe
Setuju tidak ada angka sial, hanya kita lah yang membuat nya sial karena selalu berpikiran bahwa angka 13 itu sial, maka alam bawah sadar kita dipenuhi dengan statement bahwa angka 13 itu sial, maka terjadilah kesialan itu karena dirinya sendiri

wah baru tau kalo angka 13 itu angka sial ok makasih gan atas infonya

Awalnya pernah ga suka sama angka itu karena cekokan film horor. Ternyata kita tidak boleh melihat di satu sisi yaa :)

Ijin komentar dulu deh gan yaaa, soalnya koneksi lagi jelek banget hehehhe

angka 13 nggak terlalu menyeramkan bagi kebudayaan masyarakat indonesia

If you are looking for mini-games to relax, or you are looking for games that are both entertaining and exercise some skills for your kids, The Impossible Game will be the best choice. Here you can find hundreds of games that will meet your needs. And they are completely free!

I was genuinely fulfilled to find this page. I expected to thank you for ones time for this dazzling read!! I obviously favored each and every piece of it and I have you saved to fav to see new information in your blog.moviesmon


EmoticonEmoticon