Pages

Sunday, 13 March 2016

Angka 13


 https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSb9vaPDi6rtmtL38GtlMmRxuYweJKhIctEa1wONAg12QneCLmYjg

 Assalamualaikum Wr. WB

Selamat pagi,siang dan malam semuanya :)

Apa kabar semauanya...? Tentu pada sehat kan??? oh ya hari ini hari minggu loh, tepatnya tanggal 13. . . .

Pasti ada yang berpikir ada apa dengan tanggal 13 bukan?? Yapzz tanggal 13 merupakan tanggal yang biasa saja, tapi tahukah kamu bahwa angka 13 merupakan angka SIAL??

Kenapa angka sial? apa yang menyebabkan nya angka sial?? dan apakah kita harus mengimani kesialan angka 13 ini??

Untuk menjawab pertanyaan diatas, disini saya akan menjelaskan mengapa angka 13 merupakan angka sial. Ada beberapa versi yang mendasari takhayul ini, dikutip dari https://www.brilio.net

 

1. Kode Hammurabi
Ketakutan terhadap angka 13 berawal dari Legenda The Code of Hammurabi, yang merupakan kode kuno berbahasa mesopotamia tentang hukum Babilonia. Konon, kode berisi hukum yang diberlakukan pada masa Raja Babilonia ke-6 yang ditulis pada batu dan tanah liat seukuran manusia ini merupakan prasasti tertua di dunia dan berukuran sangat panjang.
Diceritakan, penulis kode tersebut melewatkan nomor 13 pada daftar hukum yang ditulisnya sehingga hukum nomor 13 tersebut tidak dinomori. Kemudian ketakutan akan angka 13 muncul dan dianggap buruk di beberapa agama terdahulu.

 

2. Dewa ke-13 kaum Nordik
Awalnya, dipercaya bahwa kaum Nordik (Norse) yaitu kepercayaan yang sempat berkembang di masyarakat Jerman Utara, memiliki 12 dewa yang baik-baik. Misalnya, Thor yang melindungi kaumnya dengan palunya, Odin yang memberi pengetahuan, Njörðr yang memberi kekayaan dan tempat tinggal, Freyr yang memadukan cuaca dan pertanian untuk kemakmuran.
Namun kemudian, beberapa menyebutkan bahwa Loki Laufeyjarson adalah dewa ke-13 kaum Nordik. Loki bukan termasuk dewa karena dia merupakan keturunan Jotun (raksasa). Dia bisa diangkat menjadi dewa disebabkan kedekatannya dengan pemimpin para dewa, Odin. Loki digambarkan suka mengacau dan bertipu muslihat. Loki juga adalah dewa yang menggunakan kecerdikannya untuk memperdaya Hodhr, saudara Balder yang buta untuk membunuh Balder.

 

3. Jumat 13
Jumat 13 (Friday the 13th) menjadi salah satu kepercayaan berawal dari kematian komposer terkenal Italia Gioachino Rossini. Rossini yang mempercayai Jumat tanggal 13 merupakan hari sial, ternyata meninggal pada hari yang ditakutkan tersebut, yaitu Jumat, 13 November 1869.
Bahkan setelah adanya film Friday the 13th, masyarakat memilih berdiam diri di rumah dan berupaya sebisa mungkin menjauhi pertemuan dengan orang lain. Mereka menganggap akan ada karma dari alam.

 

4. Posisi ke-13 Perjamuan Terakhir Yesus
Perjamuan terakhir (The Last Supper) merupakan makan malam terakhir Yesus bersama 12 muridnya sebelum kematiannya. Posisi ke-13 yang dimaksud yaitu Yudas Iskariot. Angka 13 ini jika Yesus juga ikut dihitung. Yudas dikenal sebagai pengkhianat karena telah menjual Yesus demi mendapatkan uang.

 

Namun, dimata islam, ALLAH SWT memilih angka 13 sebagai jumlah rukun dalam salat.
Ibadah ini merupakan tiang agama yang menjadi pondasi dasar kokohnya agama Islam. Ibadah ini dibangun dengan 13 rukun untuk mencapai pondasi yang kuat.

ke 13 rukun tsb antar lain :


  1. Niat
  2. Takbiiratul-ihraam,
  3. Membaca Al-Fatihah
  4. Ruku’
  5. I’tidal atau Berdiri tegak setelah ruku’
  6. Sujud dengan tujuh anggota tubuh
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Thuma’ninah dalam semua amalan shalat
  9. Tertib urutan untuk tiap rukun yang dikerjakan
  10. Tasyahhud Akhir
  11. Duduk Tasyahhud Akhir
  12. Shalawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
  13. Dua Kali Salam
Nah masih pantaskah kita sebagai umat islam khusunya percaya kepada mitos dan tahayul yang berkembang pada angka 13 ini??

menurut http://www.infoyunik.com/ ada beberapa sikap umat islam terhadap angka 13 ini, yaitu sebagai berikut :


Sikap umat islam terhadap tahayul angka 13

 

1. Semua angka adalah sama, Allah SWT tidak melebih-lebihkan dan juga tidak mengurang-ngurangi setiap hikmah dalam angka-angka tersebut. Terlebih membuatnya sebagai angka sial untuk umat manusia. Karena sejatinya yang dari Allah SWT itu adalah baik, sedangkan yang buruk datangnya dari manusia. Seperti firman Allah SWT dalam surah Yunus: 107

“Jika Allah menimpakan kepadamu kemudaratan maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan bila Dia menghendaki kebaikan bagimu maka tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.” (Yunus: 107)

2. Jangan percaya bahwa angka 13 membawa sial. Yang demikian itu disebabkan kebodohan dan kedunguan akal mereka mengait-ngaitkan peristiwa kesialan yang mereka alami dengan angka-angka.

“Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah (menganggap sial dengan sesuatu), tidak ada kesialan dengan keberadaan burung hantu dan tidak ada pula kesialan bulan Shafar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Doktrin 13 sebagai angka sial bisa saja menjadi upaya untuk menciptakan sugesti negatif yang melemahkan keimanan kita. Seburuk-buruknya kaum ialah yang mengikuti paham tertentu sementara tidak sebenar mendalaminya secara bijaksana.

4. Angka 13 merupakan angka baik karena menjadi jumlah rukun salat agama Islam.  Dimana setiap rukun-rukun yang dikerjakan, bisa menjadi pembuka pintu surga.

 


 Semoga dengan adanya penjelasan ini, bisa menambah keyakinan serta waawasan kepada diri kita bahwa semua angka itu sama, dan TIDAK ADA YANG NAMANYA ANGKA SIAL ^_^

Wassalamualaikum wr. wb

13 comments :

Muhamad Fachmi said...

Wah gan ane baru tau ternyata ada rahasia dibalik angka 13..thx infonya gan

Adid moe adid said...

ya betul sob semua anga itu sama

Juhdi Al Farhan said...

ternyata banyak macamnya pada angka 13

Muhammad 'Keyzee' Anggi said...

ohhh jadi itu tohh yang dimaksud dengan Jumat 13 (Friday the 13th,soalnya orang ingris banyak banget yang bilang seperti itu wkkwkw

Frian Alvian said...

Bagus nih artikel.....lengkap bgt.....suapaya orang2 tidak takhayul soal tanggal 13

Maxsi-reload.org said...

Sangat menarik ni angka 13. Ada yang menganggap istimewa ada yang tidak. Nice art

Zuhrul Share said...

baru tau saya soal tanggal 13, makasih gan infonya :D

ashura rei said...

Banyak artinya ya dengan angka 13

Asep E Roni said...

Thanks gan jadi tau ternyata thor di film itu awalnya dari kaum nordik.. Hehe
Setuju tidak ada angka sial, hanya kita lah yang membuat nya sial karena selalu berpikiran bahwa angka 13 itu sial, maka alam bawah sadar kita dipenuhi dengan statement bahwa angka 13 itu sial, maka terjadilah kesialan itu karena dirinya sendiri

Akbar Dawa said...

wah baru tau kalo angka 13 itu angka sial ok makasih gan atas infonya

Susi Octalana said...

Awalnya pernah ga suka sama angka itu karena cekokan film horor. Ternyata kita tidak boleh melihat di satu sisi yaa :)

Wira Crack said...

Ijin komentar dulu deh gan yaaa, soalnya koneksi lagi jelek banget hehehhe

Pagi SIang said...

angka 13 nggak terlalu menyeramkan bagi kebudayaan masyarakat indonesia

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples