Monday 3 December 2012

Pentingnya Air

Assalamualaikum sahabat ku sekalian :D
Selamat pagi , siang , dan malam semuanya

Jumpa lagi nih dengan blog Cyber Empires :D . Semoga kawan - kawan tetap setia ya berkunjung di blog ane :D
Air... Apa yang anda bayangkan bila mendengar kata air?? Mungkin ada yang terbayang tentang sesuatu yang menyegarkan, atau sesuatu yang menyejukkan. Yapzz air merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi makhluk hidup baik itu manusia, hewan, tumbuhan bahkan tanah sekalipun membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya.
Air merupakan komponen terbesar penyusun dalam tubuh manusia. Menurut data yang ada, kandungan air pada bayi sekitar 80 persen, orang dewasa sekitar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sekitar 50 persen.
Jumlah kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan kegiatan yang di laksanakan nya sehari - hari.

Namun di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang malas untuk minum air terutama di kalangan remaja dan anak - anak. Mereka terlalu sibuk dengan android dan permainan mereka sehingga mereka melupakan hal yang sangat penting dalam hidup mereka. Padahal jika mereka sadari, mengkonsumsi air putih secara rutin dan tidak berlebhan akan memiliki manfaat sebagai berikut :

Membersihkan dan Melarutkan

Salah satu manfaat dari minum air putih adalah membersihkan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwasanya setiap hari kita selalu mengkonsumsi makanan – makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.Makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan di serap oleh tubuh secara perlahan. Dengan mengkonsumsi air maka secara tidak langsung membantu tubuh dalam memproses makanan hingga menjadi energi yang baik. Selain itu sistem pencernaan yang kurang baik dapat dengan mudah diobati dengan mengkonsumsi segelas air secara rutin, terutama bila diminum di awal pagi

Membantu Menyembuhkan berbagai macam penyakit

Pada dasarnya sifat air yang melarutkan semua yang ada di depannya merupakan salah satu  sifat yang menguntungkan bagi makhluk hidup. Jika ktia mengkonsumi air secara rutin, maka racun yang ada pada tubuh makhluk hidup secara tidak langsung di larutkan oleh air hingga ke bagian pembuangan tubuh makhluk hidup tersebut. Mengkonsusmi air hangat secara rutin di pagi hari akan sangat membantu dalam proses pengeluaran keringat di dalam tubuh. Ketika mengkonsumsi air hangat maka suhu tubuh akan naik, tubuh akan mencoba melakukan proses pendinginan suhu dengan cara berkeringat.   

Menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang ada, mengkonsumsi air putih secara rutin terutama air hangat dapat menurunkan berat badan.. Loh kok bisa?? Tentu saja bisa dikarenakan air hangat dapat membantu merusak timbunan lemak dari dalam tubuh sehngga membantu dalam penurunan berat badan.

Manfaat diatas hanya sebagaian kecil dari beribu manfaat yang ada jika mengkonsumsi air putih secara rutin . Namun jika anda masih tetap tidak mau mengkonsumi air putih maka bersiap - siaplah anda akan mengalami hal - hal berikut ini :

Dehidrasi (Kekurangan Air)

Ketika seseorang sering melupakan mengkonsumsi air, maka jumlah air didalam tubuh akan mengalami kekurangan air sehingga mengalami. Dehidrasi akan menyebabkan cairan di otak akan menurun dan jumlah oksigen yang mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang,bahkan bisa mengakibatkan pikun.
 

Terkena penyakit infeksi kandung kemih

Mengurangi konsumsi air putih dapat mengakibatkan terkena infeksi kandung kemih dikarenakan bakteri ataupun racun tidak dapat dilarutkan akibat kurang minum.
 

Fungsi Ginjal terganggu

Kurangnya mengkonsumsi air putih dapat mengganggu fungsi ginjal dikarenakan fungsi ginjal pada dasarnya yaitu menyaring apapun yang ada di tubuh. Dengan adannya air maka ginjal akan lebih mudah untuk melakukan fungsinya.

Nah masih berpikir untuk tidak minum air???


EmoticonEmoticon