Pages

Thursday, 15 November 2012

Hal-hal yang Harus Dihindari dalam Penggunaan Media Sosial 2012

Assalamu'alaikum...!!! Salam sejahtera..!!!

Okay langsung saja ketopik pembicaraan yang sesungguhnya.

Media Sosial????
Apa ya??
Hhhmm apa sejenis makanan ringan, minuman kaleng, lauk pauk atau model baju???
Hahahahaha jangan ngarang deh...!!!
Terus, ada yang tahu gak perbedaan media sosial dan jejaring sosial?
Mari kita bahas terlebih dahulu.

Di tahun 2012 ini, siapa sih yang gak kenal dengan yang namanya media sosial? Saya yakin sobat semua pasti sudah tahu. Yyaaa...Media sosial adalah tempat, sarana atau media online untuk berinterkasi, berhubungan, berpartisipasi, berbagi dan berkomunikasi antar sesama manusia. Ingat yaa...!! Manusia loh yaa..!!! Media sosial itu terdiri dari blog, microblog, jejaring sosial, situs media-sharing, social bookmark dan berita sosial, situs rating dan review, forum dan dunia virtual. Waahhh ternyata banyak sekali ya media sosial yang bisa kita manfaatkan.

Siapa yang tahu apa saja media sosial yang lagi trend di Indonesia?? Ayo angkat tangan...!!! (obsesi mahasiswa FKIP). Hahaha saya yakin sobat semua pasti sudah tahu jawabannya. Oleh karena itu, saya tidak akan membahas secara rinci semua media sosial tersebut. Saya juga tidak akan membahas tentang dampak postif atau negatifnya. Lebih baik kita membahas hal apa saja yang sebaiknya dan seharusnya kita hindari dalam penggunaan media sosial. Hal-hal yang harus dihindari disini adalah hal-hal apa saja yang dapat mengganggu pengguna jejaring sosial lainnya. Bertolak ukur dari fenomena yang sering terjadi disekitar kita, saya akan mencoba membahasnya agar kita lebih pintar dalam bermedia sosial.

1. Facebook



Untuk kawasan Pekanbaru, Riau dan sekitarnya, jejaring sosial Facebook masih menjadi nomor 1 sebagai media sosial terfavorit. Oleh karena itu, saya akan membahasnya terlebih dahulu. Hal-hal yang harus dihindari dalam penggunaan jejaring sosial Facebook:
  • Membuat status 4l4y dan status berisikan do'a
 Apakah sobat mengerti maksud dan tujuan yang saya bicarakan? Maksudnya ini nih..!!!


(semua foto disini adalah hasil rekayasa dan bukan yang sebenarnya :D *iva's editor)


Sobat udah lihatkan contohnya..?? Pastinya udah paham dong dengan apa yang saya bicarakan?? HHmmmm bagus,,bagus,,bagus,,
Inilah fenomena yang sepertinya tidak bisa terhindarkan lagi. Facebook sudah dijadikan tempat curhat, ditambah lagi jadi tempat berdo'a. Sepertinya Facebook telah menjadi segala-galanya buat kita. Ada satu hal unik yang pernah saya temui saat salah satu teman saya membuat status (gambar: kanan) yang berisikan doa. Status itu di komentari temannya :" hei friend berdoa ya waktu sholat donk, kamu yakin tuhan punya Facebook". Hehehe saya hanya tersenyum simpul membacanya. Dan satu lagi sobat, saya sarankan janganlah membuat status (gambar: kiri) yang tidak berbobot seperti itu. Menurut kamus kata-kata trend 2012(ngarang) kita akan dijuluki ABABIL (ABG labil).
  • Menggunakan nama akun Facebook yang aneh
Nama akun Facebook yang saya maksud contohnya seperti ini: Beruaang cellalucayangdombamuachmuach, Domba Jomblosejati, Domba Tralilalilulelo, Ayam Nyutnyutmutclewonun, Bebek celalucantikimutlucu. Nama yang benar-benar aneh. Sadarilah dan syukurilah nama yang telah diberikan orang tua kita. (Motong bebek angsa tuh untuk meresmikan nama) Hahaha **becanda. Kasihan lidah teman yang baca, bisa-bisa terkilir :D
  • Ulang tahun setiap hari
Saya tidak habis pikir dengan teman yang mau mengganti tanggal lahirnya setiap malam demi keramaian di wall nya. Sungguh suatu fenomena membohongi publik yang sangat luar biasa. Besar sekali perjuangan teman kita tersebut hanya demi ucapan selamat ulang tahun disetiap hari di dindingnya. Mungkinkah dia lahir setiap hari dalam satu tahun? Semoga teman kita yang seperti itu, bisa sadar dan insyaf. Hati-hati juga sobat semua ya, banyak loh yang membohongi publik seperti itu. Apalagi mendekati bulan april ini. Pastinya banyak sekali kebohongan-kebohongan April Mop. Hhhhuuuuuaaaa :O
  • Berpacaran di Facebook



Menjengkelkan sekaligus membuat risih apabila melihat teman kita berpacaran lewat Facebook. Maksudnya bukan membuat status berpacaran dengan ya. Contohnya:
Status Hubungan: Berpacaran dengan Blablablabla

Bukan itu yang dimaksud dan bukan pula maksudnya melarang sobat berhubungan dengan pacar atau pasangan sobat di Facebook. Maksudnya adalah berlebay-lebayan dan berayang-ayangan di Facebook. Seharusnya kita mengetahui batas-batas kewajarannya. Tidak mungkin kita mengumbar-umbar kemesraan didepan khalayak. Apalagi jika sampai berfoto yang tidak senonoh dan saling berkomentar yang membuat teman lain risih. Narsis memang tidak dilarang, tapi ingat bahwa ada batas-batasannya.

  • Bertengkar (Perang Status) di Facebook
Hal ini benar-benar sering terjadi. Perang status (argumen) sudah menjadi fenomena dan merupakan hal biasa bagi pengguna Facebook di sekitar kita. Alangkah baiknya apabila masalah dapat diselesaikan dengan kepala dingin. Tidak saya pungkiri bahwa saya juga pernah melakukannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai hindari bersama-sama.

2. Twitter



Twitter merupakan microblog yang juga merupakan bagian dari media sosial. Twitter menempati posisi kedua kepopulerannya di Sumatra Utara, Kisaran. Kenapa saya bisa katakan menjadi nomor 2? Karena menurut pantauan saya dari kejauhan, ternyata masih banyak teman-teman yang tidak mempunyai akun Twitter. Tapi jangan salah loh sobat, sepertinya tahun 2012 sudah mulai meningkat. Buktinya followers ku semakin bertambah di tahun 2012 ini. Karena ruang lingkupnya masih sedikit, maka hal-hal yang harus dihindari juga semakin sedikit. Hal yang harus dihindari dalam penggunaan Twitter tidak jauh berbeda dengan beberapa hal yang harus dihindari saat menggunakan Facebook. Namun ada satu hal yang perlu diingatkan dan hendaknya segera dihindari, yaitu:

Menggunakan RT (Re-tweet) terlalu banyak dalam membalas tweet



Pelu sobat semua ketahui terlebih dahulu, bahwa RT (Re-tweet) bukanlah untuk membalas mention atau tweet. Sesuai dengan artinya RT (tweetkan kembali). Selain membuat risih followers kita, membalas tweet dengan RT dapat mengakibatkan tweet teman yang kita RT terbaca oleh followers kita. Tentu saja hal itu sangat merugikan teman yang kita RT, apalagi bila akunnya sangat dijaga. Bisa-bisa sobat langsung di Unfollowed tuh. Mulai sekarang kita coba deh, membalas dengan menggunakan "reply". Okee...????

3. YouTube



YouTube merupakan situs media-sharing yang paling populer di Indonesia. Buktinya, Youtube dapat mempopulerkan seseorang dan menjadikannya artis-artis baru di Indonesia. Ayo anak-anak siapa yang bisa menyebutkan contohnya??? (lagi-lagi obsesi mahasiswa FKIP). Tidak perlu dijawab pun kita semua sudah tahu :D
Yang perlu dibahas hanyalah hal yang perlu dihindari dalam penggunaan situs media-sharing Youtube, yaitu:

  • Mengunggah video-video "tak bermutu" 
Video "tak bermutu" maksudnya adalah video yang hanya akan menimbulkan dampak negatif. Seperti video pembunuhan, video asusila, video kekerasan, dan video lainnya yang dapat mengakibatkan perpecahan dan perselisihan.
  • Mengomentari video dengan kata-kata yang "tak bermutu"
Seperti yang kita ketahui, tidak semua orang kreatif dalam membuat video. Apabila kualitas video tidak baik dan "tak bermutu", hindarilah komentar yang "tak bermutu" pula. Jangan sampai memojokkan atau menimbulkan pertengkaran. Hadiahi lah dengan komentar yang mengandung kritik dan saran yang membangun untuk video tersebut.

Dari beberapa hal yang harus dihindari dalam 3 media sosial diatas, sepertinya sudah menjadi gambaran kedepannya untuk penggunaan media sosial di Indonesia. Saya disini ingin mengucapkan kata maaf, maaf dan maaf. Saya pun merupakan manusia yang tidak sempurna. Saya = Teuku Ahmad Andika hanya sekedar mengajak sobat semua untuk menghindari hal-hal tersebut.


Semoga Artikel ini Bemanfaat bagi kita semua dan salam blogger

Sumber : klik

0 comments :

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples