Monday, 24 December 2012

Topologi Jaringan Komputer

Assalamualaikum teman semuanya ^_^

Jumpa lagi nih dengan blog Cyber Empires :D
Pada kesempatan ini ane ingin mempsot seputar Jaringan Komputer nih :D. Seperti yang kita ketahui bahwasanya komputer yang saling berhubungan dengan suatu jaringan bisa hanya dua buah, tetapi juga bisa puluhan, ratusan bahkan jutaan. Ada beberapa cara untuk saling menghubungkan komputer - komputer tersebut. 
Cara menghubungkan beberapa computer untuk membentuk suatu jaringan computer disebut topologi jaringan.

Nah, Macam-macam topologi jaringan computer antara lain :

    a.  Topologi Pohon (Tree Topology)

Topologi pohon atau disebut topologi hirarki dan juga bisa disebut topologi bertingkat adalah topologi yang bisa digunakan pada jaringan didalam ruangan kantor bertingkat.
Pada gambar disamping bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas. Sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktif sedangkan sentral yang ada dibawahnya adalah sentral yang pasif.
    b.  Topologi Cincin (Ring Topologi atau token ring)



Topologi Cincin atau yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer lainnya kedalam satu jaringan sering terkoneksi kedua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.
Topologi Cincin atau yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap computer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer lainnya kedalam satu jaringan sering terkoneksi kedua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.
Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirim kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
Keuntungan topologi ring antara lain :
  • Hemat kabel
  • Sambungan point tompoint dapat mengurangi terjadinya transmission eror
  • Kegagalan koneksi akibat gangguan dari media dapat di atasi lewat jalur lain yang masih terhubung


    c.  Topologi Bintang (Star)



Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Adapun kelebihannya yaitu :


  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. 
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi. 
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. 
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. 
  • Akses Kontrol terpusat. 
  • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar