Pages

Monday, 24 December 2012

Macam Macam Jaringan Komputer


Komunikasi antar computer selain bias terjadi bisa terjadi antar dua computer saja, bisa juga melibatkan puluhan, ratusan atau bahkan jutaan computer yang saling terhubung oleh suatu jaringan komunikasi. Computer-computer itu saling terhubung dalam suatu jaringan komunikasi yang disebut Jaringan Komputer ( Komputer Network ). Dalam jaringan computer terjadi pertukaran data berupa gambar, teks, audio maupun Video antar computer yang satu dengan computer lainnya melalui media transimsi kabel maupun tanpa kabel ( wireless ).
          Tiap computer, printer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan disebut node. Di dalam jaringan computer terdapat tiga elemen system yang harus tersedia yaitu sumber data (source), media transmisi (transmission media), dan penerima (receiver).
          Berdasarkan luas area cakupannya, jaringan momputer itu dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain:

   1.   Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan computer yang biasanya digunakan didalam sebuah gedung perkantoran, pabrik, perusahaan dan kampus yang jaraknya tidak terlalu dan dibatasi tidak lebih dari beberapa ratus meter. Contohnya adalah jaringan LAN yang digunakan oleh warnet atau game center.
Ciri-ciri dari Local Are Network (LAN) adalah:
  a)    Digunakan dalam satu tempat yang jaraknya hanya beberapa meter.   
  b)    Computer yang digunakan saling membagi daya satu dengan yang lain.
  c)    Menggunakan sumber daya yang sama.
  d)    Computer yang digunakan dapat saling berkomunikasi. 
  e)    Dapat saling bertukar informasi satu computer dengan computer lain.
Gambar jaringan LAN.

Keuntungan kita menggunakan jaringan LAN antara lain:
-          Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
-          Resiko kehilangan data oleh virus computer menjadi sangat kecil sekali.
-          Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakanE-MAIL & chat.
-          Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian computer pada jaringan LAN dapat mengakses kejaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.
  
   2.   Metropolitan Area Network (MAN)


Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan unteuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat untuk tujuan berbagai data antar satu instansi dengan instansi yang lain. Man dapat menunjang data dan suara, bahkan dapat terhubung dengan jaringan televise kabel.


   3.   Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah Negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemakai. Contoh: WAN .
    Keuntungan Jaringan WAN.
-          Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
-          Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-MAIL & chat.
-          Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relative murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan

4.   Internet

Internet merupakan sebuah jaringan computer yang snagat besar yang dapat mencakup  seluruh dunia. Orang yang terhubung keinternet berarti terhubung kesemua computer yang ada didunia yang juga terhubung ke internet.
Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi sering bersikap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung kejaringan lainnya. Keinginan tersebut menimbulkan hubungan antar jaringan yang acap kali tidak kompatibel dan berbeda. Untuk melakukan hal tersebut maka diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemah yang diperlukan.
Internet menggunakan protokol yang sma yaitu TCP/Ip ( Transmission Control Protocol/ Internet Protocol ) yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data computer diinternet.

5.   Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel atau lebih sering disebut jaringan nirkabel (wire less work) adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untuk menghubungkan computer yang tergabung dalam suatu. Sering dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, maka jaringan nirkabel ini merupakan solusi yang sangat tepat. Kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus berapa pada warnet tertentu.


 
Sumber : klik

0 comments :

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples