Pages

Wednesday, 14 November 2012

Flashing Asus Motherboard AMI Bios


<p>Your browser does not support iframes.</p> Flashing-Asus-AMI-Bios-with-AfudosAda yang membuat saya tegang hari ini :( , pasalnya saat akan menyalakan PC kesayangan ada yang membuat keringat dingin keluar dari badan.

Saat pertama booting, monitor menampilkan tulisan Bad BIOS checksum. Starting BIOS Recovery... Checking for floppy. Floppy Not found! Checking for CD-ROM. CD-ROM not found!.

Sepertinya Bios mengalami error hingga menampilkan pesan tersebut dan mencoba mencari file recovery bios secara otomatis. Namun baik Floppy atau CD-ROM pada saat kejadian tersebut tidak saya pakai, karena memang jarang digunakan sehari-hari.

Sempat bingung juga soalnya file bios tersebut belum saya burning ke CD, dan CD bawaan Motherboard pun tidak ada, karena dulu sewaktu membelinya dalam keadaan 2nd alias Second/Seken. Dan file bios yang saya punya, didapat dari website resmi mainboard Asus.

Lanjut cerita akhirnya saya matikan dulu PC dan berdo'a moga ketika dinyalakan kembali tidak ada pesan error tadi. Dan ternyata setelah saya nyalakan kembali pesan error tersebut hilang dan saya berhasil masuk ke Desktop Windows.

Tanpa berpikir lama saya langsung membuat Bootable USB Disk dengan menggunakan HP USB Disk Storage Format Tools untuk digunakan Flashing bios. Karena error bios tadi takutnya menjadi semakin parah dan berakibat mainboard asus saya jadi tak berguna.

Berikut cara saya flashing bios motherboard asus menggunakan Flash Disk. Dan perlu diketahui tutorial tentang membuat bootable flashdisk ini saya dapat dari postingan forum kaskus. Berikut kutipan postingan tersebut.

Originally posted by kocak gober @KasKus
1. Download kedua tools ini.
HP USB Disk Storage Format Tool dan 98 Boot dari sini http://www.indowebster.com/HP_USB_Disk_Storage_Format_Tool_v218_98_Bootzip.html

2. Extract kedua file tersebut
Jalankan HP USB Disk Storage Format Tool. Pilih Create Startup DOS Disk. Browse Folder Win98boot. Klik start. kalau sudah selesai klik Close.

formatting-UFD-with-HP-USB-Disk-Tools

3. Download file bios berikut tools flashernya, pada kasus saya menggunakan Afudos, update versi terakhir dari vendor motherboard. Extract filenya. masukan ke flashdisk.

Copy-file-to-UFD

4. Hidupkan komputer, masuk ke bios, set boot pertama dari Flashdisk atau biasanya USB HDD.

5. Kalau sudah komputer akan booting dari flashdisk. Execute program flashernya, pilih file biosnya. Pada kasus saya cara flashingnya dengan perintah berikut

C:\>afudos /ip4p800se.rom

note: p4p800se.rom adalah nama file biosnya dan huruf "i" adalah perintah install untuk afudos. Perintah flashing ini akan berbeda pada tipa motherboard, jadi pastikan anda mengetahui dan membaca manual motherboard PC anda.

Dan berikut Screenshot gambar flashing AMI bios motherboard asus saya.
Flashing-bios-asus-with-afudos

Bagi anda yang mengalami hal serupa atau mungkin ingin mencoba memperbaiki/Flashing bios sendiri, silahkan anda ikuti tata cara tersebut, tapi segala kerusakan ditanggung sendiri ya, karena kegagalan dari flashing bios ini akan menyebabkan motherboard PC anda jadi tak berguna.
Terakhir, untuk diketahui saja kalau tutorial yang saya tulis ini adalah pengalaman nyata saya sendiri hari ini. Cheers :).

0 comments :

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples