Pages

Sunday, 25 November 2012

4 macam Penyebab Rusak Laptop

Penyebab kerusakan laptop sebenarnya banyak terjadi akibat dari kesalaha-kesalahan yang kita sebabkan sendiri, dan biasanya tanpa kita sadari. Laptop rusak karena usia memang suatu hal yang sudah harus dimaklumi. Standarisasi Umur sebuah laptop biasanya paling tidak ber umur 5 tahun. Tetapi biasanya kerusakan terjadi lebih cepat dari standart umur sebuah laptop. Beberapa kebiasaan yang tidak disadari menjadi penyebab rusaknya laptop, antara lain :
  1. Tas Laptop.  Akibat dari terlalu Penuh atau sempitnya tas, baik tas yang kita beli sendiri atau tas dari bawaan pada saat pembelian unit laptop. Akibat dari Tas laptop yang tidak memadai seringkali membuat laptop anda menjadi tergencet dibagian sana sini. Bagian laptop yang rentan yaitu pada bagian yang terdapat LCD laptop. Secara safety memang bagian dalam LCD terlindung dari gesekan, saat di simpan di dalam tas. Tetapi rentan bila tergencet.  Biasanya bagian tersebuat tergencet oleh adapter yang dibawa bersamaan dengan charger. Kerusakannya biasanya LCD laptop perlahan menjadi bergaris dari atas ke bawah, dan semakin lama semakin besar.

  2. Pengunaan Charger. Biasanya kita sering mendengar bahwa agar “batere Awet” gunakan hanya charger saja (batere dilepas) pada saat penggunaan dalam waktu yang lama. Inilah biasanya penyebab utama laptop tiba tiba mati. Batere selain sebagai power juga sebagai safety arus. Keluaran voltase DC dari batere merupakan keluaran yang stabil dan tepat untuk konsumsi mainboard laptop. Input power hanya dari charger tanpa adanya batere otomais power keluaran dari charger tidak sebagus dan sebaik keluaran dari batere. Charger disini jika digunakan tanpa batere hanya mengkonversi  arus AC ke DC yang keluaran dari power utama listrik tidak stabil. maka outpu dari adapter atau charger juga tidak stabil. Arus DC yang tidak stabil membuat asupan arus ke mainboard juga tidak stabil, inilah biasanya yang lambat laun  menurunkan fungsi dari IC regulasi. Imbasnya tiba tiba laptop menjadi mati.

  3. Penggunaan di bidang yang tidak stabil. Jangan menggunakan laptop di kasur atau di sofa. Laptop di design oleh manufacture nya sudah sesuai dengan penggunaan standart. pembuangan angin / sirkulasi akibat panas procesor dan komponen lainnya didalam laptop tidak akan sempurna pada saat sirkulasinya tertutup oleh bidang yang tidak rata . over heating bisa terjadi. akibat dari over heating laptop tiba tiba hang, dan lama kelamaan laptop menjadi mati.

  4. Keyboard USB external. Gunakan keyboard external, Jika anda seorang gamers. tut’s Laptop di design tidak dengan ketahanan yang bagus. Jika tombol laptop digunakan dengan menekan terus menerus ( Biasanya pada saat main game) ini dapat menyebabkan Keyboard laptop bagian dalam menjadi menempel. effek yang di timbukan pada saat ini terjadi biasanaya laptop akan berbunya panjang pada saat laptop di hidupkan. Bahkan di beberapa kasus merk laptop laptop hanya tampil logo dan tidak mau booting. Bahka ada beberapa laptop yang tidak mau respon layar LCDnya pada saat masalah ini terjadi. Lebih baik gunakan tambahan keyboard external, apalagi untuk para Gamers.
Itulah beberapa penyebab rusaknya laptop yang banyak tidak disadari oleh para pengguna laptop. Mudah mudahan bisa bermanfaat.

Sumber : klik

0 comments :

Post a Comment

 
Gunakanlah Mozilla FireFox Versi Terbaru Untuk Memperoleh Hasil Terbaik Dari Blog Ini . Online Peoples